Undang Founder Aplikasi Muslim Life, FEBI UIN Ar-Raniry Bahas Ekonomi Digital

Kegiatan itu mengundang narasumber Tri Wahyudi, yaitu founder aplikasi Muslim Life yang telah memenangkan berbagai kejuaran tingkat nasional.

Undang Founder Aplikasi Muslim Life, FEBI UIN Ar-Raniry Bahas Ekonomi Digital
Dok. UIN Ar-Raniry
Program Studi D-3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry menyerahkan cendera mata kepada Tri Wahyudi, founder aplikasi Muslim Life yang telah memberikan motivasi kepada mahasiswa di Ruang Teater kampus itu, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Program Studi D-3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar kuliah umum dengan tema ‘Islam dan Ekonomi Digital’, di Ruang Teater kampus itu, Selasa (16/4/2019).

Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa itu mengundang narasumber Tri Wahyudi, yaitu founder aplikasi Muslim Life yang telah memenangkan berbagai kejuaran tingkat nasional.

Dekan FEBI, Dr Zaki Fuad MAg mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry terkait peluang usaha di era ini.

“Mahasiswa terus didorong untuk melahirkan terobosan-terobosan baru dalam rangka mempersiapkan diri ketika lulus kuliah nantinya. Mereka harus mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” ucapnya.

Di era revolusi industri 4.0, lanjut Dekan, untuk membuka bisnis tidak lagi diperlukan tempat strategis, maupun banyak orang, karena cukup dengan memanfaatkan jaringan internet dan pandai melihat peluang.

“Konsepnya bisa lebih hemat, karena tanpa toko dan modal banyak juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Mahasiswa harus mampu menguasai dunia digital,” ucapnya, seraya menyebut sudah banyak pemuda yang sukses di bisnis online. 

Baca: Aplikasi Islami Karya Pemuda Aceh Muslim Life Lolos Seleksi Nasional Indigo Creative Nation 2019

Baca: Aplikasi ‘Muslim Life’ Karya Pemuda Aceh Juarai Kompetisi Nasional 

Sampai saat ini, lanjut Zaki, sudah lebih dari 20 alumni FEBI memiliki usaha yang mampu menampung banyak tenaga kerja.

Tak sedikit dari mereka mempromosikan produk atau jasa lewat media sosial dan website.

Adapun Tri Wahyudi, founder aplikasi Muslim Life merupakan putra kelahiran Langsa, Aceh.

Aplikasi yang diciptakannya itu mampu meraih juara pertama kategori teknologi dalam Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia (Deureuham) tahun 2018, kompetisi yang digelar Badan Ekonomi Kreatif dan BNI Syariah di Jakarta.

Tak hanya itu, Tri Wahyudi dengan aplikasinya itu juga telah meraih juara pertama tingkat Asia dan berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam lomba The Islamic Creative Economy Competition di Dubai 2018 silam.

“Semoga mahasiswa FEBI dapat mengambil manfaat dari apa yang disampaikan oleh narasumber, baik dengan teori yang dikembangkannnya maupun dengan pengalaman-pengalamannya,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, startup bikinan santri ini adalah aplikasi yang melayani kebutuhan edukasi, ibadah, dan charity bagi warga muslim modern.

Fitur yang saat ini dilayani adalah fitur life Arabic (belajar Bahasa arab online), life tajwid (belajar baca Alquran online), life shalat, life zikir, dan program charity asuh hafiz. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved