4 Mantan Kepala Daerah dan 9 Anggota DPRA Bertarung di Aceh 1

Daerah pemilihan (dapil) 1 Aceh mungkin menjadi 'medan perang' tersengit para calon legislatif (caleg) DPR RI. Pasalnya, ada 5 incumbent, 4 mantan..

4 Mantan Kepala Daerah dan 9 Anggota DPRA Bertarung di Aceh 1
FOR SERAMBINEWS.COM
Suasana penghitungan hasil perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019 di TPS 4 Lapas Kelas III Blangpidie Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya, Rabu (17/4/2019) sore. 

4 Mantan Kepala Daerah dan 9 Anggota DPRA Bertarung di Aceh 1

Laporan Yocerizal I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Daerah pemilihan (dapil) 1 Aceh mungkin menjadi 'medan perang' tersengit para calon legislatif (caleg) DPR RI. Pasalnya, ada 5 incumbent, 4 mantan kepala daerah, dan 10 anggota DPRA yang bersaing di dapil ini. 

Baca: Bupati Aceh Besar Bagikan Sembako Sumbangan Kuwait

Baca: Catat! Ini Tiga Lokasi Pasar Murah Pemko Banda Aceh untuk Sambut Puasa

Baca: PDAM Tirta Mountala Resmikan Loket Baru di Pasar Seulimeum

 

Sementara apabila dihitung secara keseluruhan, total ada 105 caleg dari 16 partai nasional. Jika jumlah itu dibagi dengan jumlah kursi yang tersedia sebanyak 7 kursi, berarti satu kursi akan diperebutkan oleh 15 caleg. 

Untuk diketahui, dapil 1 Aceh meliputi Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Singkil, dan Simeulue.

Penelusuran Serambinews.com, kelima incumbent yang maju kembali adalah Teuku Riefky Harsya dari Partai Demokrat, Fadlulah dari Partai Gerindra, Muslim Ayub dari PAN, Salim Fahri dari Golkar, dan Irmawan dari PKB.

Sementara empat mantan kepala daerah yang maju yaitu Sayuti Is mantan Bupati Aceh Besar yang maju melalui Gerindra, HT Zulkarnaini mantan Bupati Nagan Raya yang maju melalui Partai Golkar, mantan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin dari NasDem, dan mantan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal yang maju melalui PPP.

Adapun 9 Anggota DPRA yang maju ke DPR RI adalah, Abdulah Saleh (Gerindra), Sulaiman Abda (Golkar), Tgk Anwar (NasDem), Ghufran (PKS), Amri M Ali (PPP), Mohd Alfatah (PAN), Sulaiman Ali (PAN), M Tanwir Mahdi (Demokrat), dan T Iskandar Daod (Demokrat). Selain itu sembilan figur itu, juga terdapat nama Nurchalis (Berkarya) yang juga mantan Kepala Biro Setda Aceh.

Tidak cukup sampai disitu, persaingan semakin berat dengan adanya 5 mantan anggota DPR RI, yaitu Sayed Mustafa (PKB sebelumnya PAN), Karimun Usman (PDIP), Sayed Fuad Zakaria (Berkarya sebelumnya Golkar), Tgk Muhammad Yus (PBB sebelumnya PPP) dan M Ali Yacob (Demokrat).

Data sementara di website Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, hingga Kamis (18/4/2019) pukul 21.00 WIB, suara dari Dapil Aceh 1 untuk DPR RI yang masuk baru sebanyak 2.364 suara. Suara terbanyak diraih Partai Demokrat (456 suara), disusul PKS (348 suara) dan Gerindra sebanyak 305 suara.(*)

Penulis: Yocerizal
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved