4 Senator Wakili Aceh ke Senayan

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah menuntaskan pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019

4 Senator Wakili Aceh ke Senayan
IST

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah menuntaskan pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019 di Aceh, sekira pukul 00.30 WIB di Gedung DPRA, Senin (13/5). Dari semua hasil penghitungan pemilu, sudah terlihat siapa-siapa calon yang keluar sebagai pemenang dalam kontestasi Pemilu 2019.

Lebih-lebih untuk calon anggota DPD RI, dari hasil rekapitulasi kemarin, sudah diketahui siapa empat calon senator Aceh yang berhak mewakili Aceh ke Senayan.

Hasil rekapitulasi KIP Aceh di 23 kabupaten/kota ternyata tidak meleset dari data hasil pemilu–dari sumber-sumber terpercaya--yang pernah disajikan Serambi beberapa kali di halaman utama.

Adapun empat calon anggota DPD RI yang meraih suara terbanyak pada pemilu tahun ini adalah calon nomor 42, Sudirman alias Haji Uma yang meraih rekor tertinggi, yakni 960.033 suara. Haji Uma adalah calon petahana yang cukup fenomenal dalam Pemilu 2019 di Aceh. Bagaimana tidak, pemeran Abu Yusniar dalam serial komedi Aceh ‘Eumpang Breueh’ ini meraup hampir satu juta suara dari seluruh Aceh.

Posisi kedua ditempati HM Fadhil Rahmi Lc, calon dengan nomor urut 35. Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh yang selama ini aktif dalam dunia dakwah dan fokus dalam pengiriman mahasiswa Aceh ke Timur Tengah ini berhasil meraup dukungan dari masyarakat Aceh sebanyak 227.624 suara.

Selanjutnya pada urutan ketiga, bertengger calon nomor 26, H Fachrul Razi MIP. Calon petahana ini berhasil mempertahankan kursinya dengan meraup 157.317 suara dari seluruh Aceh. Suara Fachrul Razi kali ini lumayan merosot dibandingkan dengan perolehan suaranya pada Pemilu 2014 yang saat itu dia berada pada posisi pertama dengan perolehan 345.915 suara.

Kemudian, pada posisi empat atau juru kunci adalah Abdullah Puteh, Gubernur Aceh periode 2000-2004. Putra Idi, Aceh Timur, kelahiran 4 Juli 1948 ini yang sebelumnya sempat mencalonkan diri sebagai Gubernur Aceh pada Pemilu 2017 berhasil meraup 133.367 suara dalam pemilihan calon anggota DPD RI Pemilu 2019.

Dengan hasil perolehan suara yang telah ditetapkan KIP Aceh kemarin malam, keempat nama tersebut sudah dapat dipastikan menjadi senator Aceh yang akan melenggang ke Senayan. Keempat orang tersebut akan menjabat Anggota DPD RI dari Aceh hingga tahun 2024.

Sementara itu, dua nama pada urutan kelima dan keenam yang sempat kejar-kejaran perolehan suara dengan Abdullah Puteh adalah Drs Hasanuddin Darjo, calon nomor urut 31 yang meraih 123.460 suara.

Mantan kepala Dinas Pendidikan Aceh ini selisih 9.907 suara dengan Abdullah Puteh. Sedangkan para urutan keenam adalah dr Irsalina Husna Azwir, calon nomor urut 32 yang berhasil meraup 109.019 suara.

Meski KIP Aceh telah mengesahkan perolehan suara hasil rekapitulasi 23 kabupaten/kota di Aceh untuk hasil Pemilu 2019, tapi KIP Aceh tidak berwenang menetapkan perolehan kursi untuk calon anggota DPRA, DPR RI, termasuk DPD RI.

Menurut Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah, penetapan kursi untuk semua calon akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta seusai rekapitulasi penghitungan suara secara nasional. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved