Pilkada Aceh Selatan

PTUN Tolak Gugatan Zulkarnain

Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh dalam putusannya terkait perkara sengketa Pilkada Aceh Selatan

* Sengketa Pilkada Aceh Selatan

BANDA ACEH - Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh dalam putusannya terkait perkara sengketa Pilkada Aceh Selatan menolak semua gugatan yang diajukan pasangan bakal calon Bupati Aceh Selatan, Zulkarnain-Irwan Yuni terhadap tergugat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan.

Amar putusan itu dibacakan majelis hakim yang dipimpin Fajar Shiddiq Arafah SH didampingi hakim anggota Daily Yusmini SH MH dan Ade Mirza Kurniawan SH dalam sidang, Rabu (20/3). Sidang dengan agenda pembacaan amar putusan dimulai pukul 11.30 WIB.

Dalam amar putusannya majelis hakim menyatakan, berdasarkan fakta, bukti dan keterangan saksi di persidangan terbukti bahwa dukungan partai politik yang mengajukan penggugat sebagai balon bupati tidak memenuhi syarat minimal dukungan perolehan suara pemilu legislatif 2009 yaitu sebesar 15 persen perolehan suara. “Dengan demikian tindakan KIP Aceh Selatan yang tidak meloloskan penggugat merupakan tindakan yang benar dan beralasan menurut hukum,” kata majelis hakim.

Sebelum pembacaan penetapan dan pustusan yang dibacakan secara silih berganti majelis hakim, sidang sempat diskor 15 menit.

Dalam putusannya majelis hakim juga mencabut putusan penundaan tahapan Pilkada Aceh Selatan sebagai obyek sengketa yang pernah dikeluarkan dan menyatakan Keputusan KIP Aceh Selatan 35 Tahun 2012 tentang Penetapan Pasangan Calon yang memenuhi persyaratan pernah dikeluarkan pada tanggal 16 Januari 2013.

Turut hadir kuasa hukum KIP Aceh Selatan, Imran Mahfudi SH dan Zulfan SH. Dari penggugat, tampak Zulkarnain bersama kuasa hukumnya, Najmuddin SH dan Nurul Ikhsan SH.(sup)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved