Serambi Spiritual

Mendulang Pahala di Bulan Ramadhan

Terlebih di bulan Ramadhan ini, merupakan momen yang tepat untuk kita mendulang pahala dengan memper banyak ibadah kepada Allah

Mendulang Pahala di Bulan Ramadhan
SERAMBINEWS.COM/FAISAL ZAMZAMI
Sekjen Ikatan Penulis santri Aceh (IPSA) Tgk Mustafa Husen Woyla dalam dialog interaktif program Serambi Spiritual di Studio Studio Serambi 90,2 FM , yang dipandu oleh penyiar, Indayani, Minggu (20/7/2014). 

Laporan Faisal Zamzami | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Mengingat betapa besar dan berlipat gandanya pahala setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka ramadhan haruslah menjadi momen mendulang kekayaan (pahala) bagi kita semua. Jika pundi-pundi pahala kita selama 11 bulan isinya tidak seberapa, maka di bulan yang mulia dan agung ini harus segera dipenuhkan dengan berbagai amalan untuk meraih titel taqwa di hadapan Allah SWT.

Demikian penjelasan Sekjen Ikatan Penulis Santri Aceh (IPSA) Tgk Mustafa Husen Woyla  dalam dialog interaktif  program "Serambi Spiritual" di Studio Studio Serambi 90,2 FM , yang dipandu oleh penyiar, Indayani, Minggu (20/7/2014).

Tgk Mustafa Husen Woyla yang juga staf pengajar di dayah Darul Ihsan Kreung Kalee, Siem, Darussalam, Aceh Besar  menyebutkan,  pada hakikatnya, Semua manusia  mencari kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. Namun untuk mencapai cita-cita besar untuk tujuan itu butuh usaha dan kerja keras. Seorang hamba itu harus mampu berniaga di jalan Allah untuk menyelamatkan dirinya dari azab Allah.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran; "Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga Adn. Itulah keberuntungan yang besar". (TQS al-Shaff [61]: 10-12).

Jadi supaya Allah mengampuni dosa-sosa kita dan memasukkaan kita ke surga, kata Tgk Mustafa maka properti yang kita jual kepada Allah itu ada tiga, pertama beriman kepada Allah, kedua berjihad fii sabilillah, dan yang ketiga mengorbankan harta kita dan jiwa kita di jalan Allah.

“Terlebih di bulan Ramadhan ini, merupakan momen yang tepat untuk kita mendulang pahala dengan memper banyak ibadah kepada Allah, apalagi pahala yang kita peroleh berlipat ganda di bulan yang mulia ini” katanya.  

Juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Aceh itu menjelaskan bahwa hidup di dunia ini laksana perniagaan. Hasilnya akan dituai di akhirat. Jadi ada yang untung dan ada pula yang rugi. Bagi yang beruntung akan memperoleh kebahagiaan, sebaliknya bagi yang merugi  akan menderita selama-lamanya.

Selain berjuang di jalan dengan harta dan jiwa, kita juga dituntut untuk mendirikan shalat, menafkahkan harta yang kita miliki, dan berbagai amalan ibadah lainnya. Karena hakikat jual beli kita kepada Allah berupa pengorbanan  dan kepatuhan kita kepada Allah SWT.

Begitu banyak ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits nabi yang menekankan betapa banyak keutamaan yang dapat kita raih di bulan Ramadhan. Salah satunya  sebut Tgk Mustafa Husen, di bulan Ramadhan ini merupakan waktu yang tepat untuk meminta ampun kepada Allah.

Halaman
12
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved