Pesona Bungara Danau yang Tembus ke Samudra

Dari Singkil, ibu kota Aceh Singkil, ke Danau Bungara bisa ditempuh kendaraan roda dua maupun empat, sekitar sejam setengah perjalanan.

HAMPARAN air tenang berwarna biru, hanya terganggu riak kecil  tamparan tangan bocah-bocah yang asik bermain sepanjang waktu. Melepas pandangan ke tengah danau pulau-pulau kecil menyembul di atas permukaan air.

Itulah pandangan pertama yang mempesona mata ketika tiba di Danau Bungara, Kecamatan Kota Baharu, Aceh Singkil, siang itu.

Di sekelilingnya  tumbuhan sawit serta perbukitan seolah oasis di tengah terik matahari.

Menikmati panorama alam danau cukup duduk di pinggir sambil berteduh di bawah pohon sawit.

Bisa juga naik perahu dayung milik warga sekitar berkeliling mengitari gugusan pulau. Bagi yang hobi mancing tidak salah mencoba. Ikan nila, emas dan lele siap menyambar umpan.

Eit jangan kaget bila tiba-tiba mata pancing disambar ikan hiu. Ya Danau Bungara, menawarkan sensai keindahan alam dibalut kisah unik.

Walau airnya tawar namun di sana pemancing kerap mendapatkan ikan laut.

Selain mempesona danau tempat puluhan kepala keluarga mencari nafkah itu menyimpan misteri anah tapi nyata yang terus terjadi sampai saat ini. Mulai dari adanya pulau bergerak hingga dipercaya danau yang dikelilingi Desa Danau Bungara, Lentong, Butar dan Lapahan Buaya itu, tembus ke dasar samudra.

“Sampai sekarang warga yang mencari ikan masih mendapat ikan laut. Walau ukurannya kecil paling sebesar dua jari tangan,” kata Mugi Kepala Desa Danau Bungara.

Warga percaya danau seluas 85,6 hektar di dasarnya terdapat lubang tembus ke laut di sekitar Anak Laut Gosong Telaga, Singkil Utara, yang berjarak kira-kira 50 kilometer.

Halaman
12
Penulis: Dede Rosadi
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved