Kantor Pajak Sosialisasikan Pelaporan SPT Tahunan

Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Rimba Raya bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Kantor Pajak Sosialisasikan Pelaporan SPT Tahunan
SERAMBI/BUDI FATRIA
Karyawan PT Aceh Media Grafika (AMG) mengisi Surat Pajak Tahunan (SPT) secara online dengan fasilitas e-Filing di Kantor Harian Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang Pagar Air, Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (17/3). SERAMBI/BUDI FATRIA 

REDELONG - Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Rimba Raya bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bireuen melaksanakan bimbingin teknis (bimtek) di aula KP2KP Rimba Raya dari 16 sampai 18 Januari 2018.

Kegiatan itu dengan peserta bendahara dan operator komputer di SKPK dan intansi vertikal di Bener Meriah. Mereka dilatih cara pembuatan Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Melalui e-Filing dan Kewajiban Perpajakan Bendahara Pemerintah.

Ali Murtopo, Kepala KP2KP Rimba Raya dalam sambutannya saat pembukaan mengatakan pajak memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia menyatakan pendapatan pajak 2017 sebesar Rp 1.284 triliun atau 80 persen dari penerimaan APBN 2017. Ditambahkan, untuk 2018, ditargetkan sebesar Rp 1.424 triliun atau naik 10,9 persen.

Ali menjelaskan para bendaharawan di SKPK harus memberikan bukti pemotongan PPh bagi pegawai di lingkungannya sampai 31 Januari 2018. Disebutkan, bukti itu sebagai dasar pelaporan SPT Tahunan pegawai sebelum jatuh tempo pada 31 Maret 2018.

Sedangkan bimtek itu terdiri tiga sesi, yakni pertama tentang kewajiban bendahara secara umum, kedua tatacara pembuatan formulir 1721 A2 (PPh), dan ketiga mengenai tatacara pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing dengan pemateri KPP Pratama Bireuen yaitu Danang dan Said.

Muhammad Taufik, bendahara Kecamatan Pintu Rime Gayo, salah satu peserta mengatakan bimbingan teknis ini sudah tepat dilaksanakan awal tahun, sebelum batas pelaporan Maret 2018. “Harapan saya, kegiatan ini dilaksanakan setiap awal tahun, sehingga setiap ada perkembangan baru, maka pihaknya dapat menyesuaikan kembali,” katanya.(muh/rel)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved