Breaking News:

Hari Kartini

Siapa Sangka, Ternyata Keturunan RA Kartini Kini Hidup Susah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membentuk sebuah tim kecil untuk mencari dan membantu kehidupan keturunan RA Kartini.

Editor: Amirullah
Kolase Tribun Jabar
RA Kartini dan sang putra, Soesalit Djojoadhiningrat. 

SERAMBINEWS.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membentuk sebuah tim kecil untuk mencari dan membantu kehidupan keturunan RA Kartini.

Hal itu dilakukan setelah Bupati Jepara Ahmad Marzuki menyebut adanya keturunan pahlawan nasional RA Kartini yang hidup dalam kondisi memprihatinkan.

Bupati Jepara, Ahmad Marzuki, di sela peringatan hari Kartini di Pendopo Kabupaten Jepara, Sabtu (21/4/2018), mengungkapkan keturunan langsung RA Kartini yang tinggal di Bogor, Jawa Barat tinggal dalam kondisi memprihatinkan.

Baca: Soekarno Punya Anak Bernama Gempar, Sengaja Dirahasiakan dan Cuma Digendong Sekali Seumur Hidup

Baca: Banda Aceh 813 Tahun

Baca: 813 Tahun Kota Banda Aceh, Sejajar Usianya dengan Moskow dan London, Begini Sejarahnya

RA Kartini lahir Jepara pada 139 tahun lalu diketahui menikah dengan Bupati Rembang RM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, pada 12 November 1903.

Putri dari bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat itu dikaruniai putra semata wayang RM Soesalit Djojoadhiningrat, yang lahir pada 13 September 1904.

RM Soesalit diketahui menikah dengan Siti Loewijah. Dari pernikahan itu lahir seorang putra bernama Boedi Setyo Soesalit.

Boedi Soesalit merupakan satu-satunya cucu RA Kartini. Kemudian Boedi Soesalit menikah dengan Sri Bidjatini dan dikaruniai lima orang anak. Kelimanya yaitu Kartini, Kartono, Rukmini, Samimum, dan Rachmat.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved