Sumur Minyak Meledak

Tragedi Sumur Minyak Ranto Peureulak, ESDM Ingatkan Ancaman Gas Beracun Muncul Setelah Api Padam

Biasanya setelah api padam, sumur itu akan mengeluarkan air bersama gas hidrokarbon, sulfida dan CO, untuk beberapa waktu lamanya.

Tragedi Sumur Minyak Ranto Peureulak, ESDM Ingatkan Ancaman Gas Beracun Muncul Setelah Api Padam
KOLASE/SERAMBINEWS.COM
Kolase foto api membumbung tinggi di sumur minyak tradisional Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, dan foto saat api sudah padam. 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Api yang membumbung tinggi di sumur minyak tradisional di Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, sudah padam pada Kamis (26/4/2018) pagi.

Namun, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Ir Akmal Husen mengingatkan agar masyarakat sebaiknya menjauh dari lokasi tersebut untuk beberapa waktu.

Sebab, biasanya setelah api padam, sumur itu akan mengeluarkan air bersama gas  hidrokarbon, sulfida dan CO, untuk beberapa waktu lamanya.

“Gas itu berbahaya bagi kesehatan manusia, dan masyarakat sekitar tempat kejadian perlu jaga jarak,” kata Akmal Husen kepada Serambinews.com, pukul 11.30 WIB, Kamis (26/4/2018).

(Baca: VIDEO - Detik-detik Sumur Minyak di Ranto Peureulak Meledak)

(Baca: VIDEO - Ini Dia Wawancara Saksi Mata di Lokasi Kejadian Sumur Minyak Terbakar)

(Baca: Pesan Terakhir Dedi, Korban Ledakan Sumur Minyak: Fuad Tolong Jaga Mamak Ku”)

Akmal yang sedang berada di lokasi ledakan sumur minyak tersebut melaporkan, semburan api dan gas memang sudah padam. Saat ini hanya tinggal semburan air lumpur setinggi 4 meter. Air lumpur tersebut bercampur gas.

Selanjutnya, setelah semburan air lumpur habis, biasanya dari sumur minyak yang meledak, akan mengeluarkan gas sulfida dan CO. Ini perlu diwaspadai oleh masyarakat, karena gas beracun itu, berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Halaman
123
Penulis: Herianto
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved