Pembangunan Gedung SMAN 1 Banda Aceh Resmi Dimulai, Plt Gubernur Aceh Letakkan Batu Pertama 

Peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA tersebut dilakukan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT,

Pembangunan Gedung SMAN 1 Banda Aceh Resmi Dimulai, Plt Gubernur Aceh Letakkan Batu Pertama 
SERAMBINEWS.COM/EDDY FITRIADY
Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah dan Kepala SMAN 1 Banda Aceh, Khairurrazi SPd MPd berfoto dengan para guru dan alumnus SMA tersebut seusai peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah itu, Senin (20/8/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Pembangunan gedung baru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banda Aceh resmi dimulai. 

Peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA tersebut dilakukan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, Senin (20/8/2018) di halaman sekolah yang berada di Jalan A Majid Ibrahim Banda Aceh itu.   

Ikut mendampingi Nova, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin SPd MPd, Kepala SMAN 1 Banda Aceh, Khairurrazi SPd MPd, serta perwakilan komite sekolah dan alumni SMAN 1 Banda Aceh. 

Baca: Setelah Dua Tahun Gempa, Pembangunan Rumah Para Korban di Samalanga Baru Dimulai

Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Aceh memutuskan untuk membangun ulang sekolah itu agar kelak memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Anggaran pembangunannya tercantum dalam APBA 2018 dengan total biaya sekitar Rp 20 miliar.

“Anggaran itu untuk membangun gedung sekolah dengan 24 kelas baru, laboratorium, kantor guru, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya,” ujar Nova yang juga alumnus SMAN 1 Banda Aceh

Dikatakan, desain bangunannya nanti akan menyerupai letter ‘U’. Meskipun pembangunan itu besar-besaran, Nova memastikan tidak ada perubahan pada bangunan peninggalan Belanda yang ada di bagian depan.

Baca: SMAN 1 Banda Aceh Dibangun Ulang, Begini Nasib Gedung Belanda yang Berada di Depan Sekolah

“Bangunan Belanda itu akan kita kembangkan menjadi destinasi wisata di Aceh,” jelas Plt Gubernur Aceh, dan menyebut selama proses pembangunan, tentu ada gangguan dalam belajar mengajar di sekolah tersebut. 

Sementara Kepala SMAN 1 Banda Aceh, Khairurrazi SPd MPd menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Aceh yang berkomitmen untuk membangun ulang gedung SMAN 1.

“Terima kasih kepada pemerintah Aceh, terutama Plt Gubernur Nova Iriansyah atas perhatiannya selama ini. Semoga dengan adanya gedung yang lebih representatif, prestasi siswa dan sekolah juga semakin baik,” harapnya. 

Khairurrazi menambahkan, banyak pihak yang menganggap anggaran sebesar Rp 20 miliar itu sangat besar untuk membangun fasilitas pendidikan.

Namun mengingat kondisi gedung sekolah yang sudah parah dan sangat riskan, lanjutnya, anggaran sebesar itu cukup masuk akal. “Gedung lama ini sangat rawan jika terjadi gempa,” jelas dia.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved