Breaking News:

16 "Action Figure" Koleksi Zumi Zola yang Diduga Dibeli Gunakan Uang Korupsi

Menurut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zumi diduga menggunakan hasil gratifikasi itu untuk membiayai keperluan pribadi

Editor: Fatimah
Tribunnews.com
Jalani Sidang Perdana, Zumi Zola Tak Ditemani Pihak Keluarga 

SERAMBINEWS.COM - Gubernur Jambi Zumi Zola didakwa menerima gratifikasi sebesar lebih dari Rp 40 miliar. Zumi juga didakwa menerima 177.000 dollar Amerika Serikat dan 100.000 dollar Singapura. Selain itu, Zumi juga didakwa menerima 1 unit Toyota Alphard.

Menurut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Zumi diduga menggunakan hasil gratifikasi itu untuk membiayai keperluan pribadi dia dan keluarganya. Salah satunya untuk membeli action figure.

Baca: Hati-hati Melintas di Jalan Nasional Aceh Tenggara, Ada Lubang Besar Menganga di Pinggir Jalan

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (27/8/2018), jaksa mengonfirmasi pembelian action figure tersebut kepada mantan orang kepercayaan Zumi, Asrul Pandapotan Sihotang. "Action figure itu berupa patung yang menyerupai aktor dalam film Marvel. Belanjanya di Singapura. Ada yang sudah sampai ke terdakwa, karena belinya tahun 2016, pemesanan selama satu tahun," kata Asrul. Pada Oktober 2017, Asrul membayar action figure seharga Rp 52 juta yang dipesan Zumi Zola pada 2016.

Pembayaran dengan cara ditransfer ke penjual yang berada di Singapura. Kemudian, pada Juni-November 2017, Asrul membayar pelunasan pemesanan sembilan patung action figure marvel dari Singapura seharga 6.150 dollar Singapura.

Baca: Mahathir Mohamad Bertekad Kurangi Utang Malaysia Rp 3.500 Triliun Hanya Dalam Waktu 2 Tahun

Selain itu, Asrul juga membayar 16 items orderan Zumi Zola di XM Studios seharga 5.600 dollar Singapura dengan cara setor tunai. Ini daftar 16 action figure berikut harganya yang ditampilkan jaksa dalam persidangan.

1. Iron Man Hulk Buster seharga 1.000 dollar Singapura

2. Venom seharga 300 dollar Singapura

3. Cable seharga 300 dollar Singapura

4. Quicksilver seharga 300 dollar Singapura

5. Lizard seharga 300 dollar Singapura

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved