Ustaz Hajarul Akbar, Direktur DQA Aceh Raih Peringkat 13 Dunia MTQ Internasional di Maroko

Dari tiga besar peraih juara dalam MTQ kali ini adala juara pertama diraih oleh negara Aljazair, juara dua dan tiga tuan rumah Maroko.

Ustaz Hajarul Akbar, Direktur DQA Aceh Raih Peringkat 13 Dunia MTQ Internasional di Maroko
SERAMBINEWS.COM/IST
Direktur Darul Quran Aceh (DQA) Ustaz Hajrul Kabar Aiyub Ali 

Laporan Idris Ismail I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Direktur Darul Quran Aceh (DQA) Ustat Hajrul Kabar Aiyub Ali yang menjadi salah satu duta Indonesia asal Aceh berhasil menoreh peringkat 13 dunia lomba hafiz 30 juz pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Internasional di Casablangca, Moroko.

Baca: VIDEO - Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di Aceh Yakin Bisa Raih Suara Terbanyak

Ustaz Hajarul Akbar bin Aiyub Ali kepada Serambinews.com, Rabu (14/11/2018) melalui pesan WhatsApp mengatakan, event MTQ XIV ini diikuti oleh 42 negara dan kali ini Cabang Hafalan Quran 30 juz dan tafsirnya mencakup I'rab (menulis), Balaghah (bahasa) dan Hukum.

Baca: Pilot Amerika Serikat Tewas Ditikam Seorang Wanita di Jepang, Polisi Tahan Pelaku

"Posisi saya menduduki di peringkat 13 dunia," ujarnya. "Saya telah berusaha maksimal tampil dalam melancarkan hafalan quran dengan mempelajari nahwu sharaf serta balaghatul quran.

Baca: Tak Ingin Dipulangkan ke Myanmar, Warga Rohingya Kabur dari Kamp Pengungsian di Bangladesh

Namun, perjuangan maksimal ini merupakan hasil terbaik yang takdirkan oleh Yang Maha Kuasa,"sebutnya.

Baca: Gadis di Bawah Umur Disekap Oleh Tiga Remaja di Lampung, Digauli Bergiliran Selama Tiga Hari

Keikutsertaan putra Aceh asal Gampong Mesjid Runtoh Tijue, Pidie ini tidak terlepas dari dukungan penuh pihak Kementerian Agama (Kemenag), Kemenag Aceh, Pemerintah Aceh, khususnya Kadis Syariat Islam Dr EMK Alidar dan Kepala PPQ Drs Ridwan Djohan yang telah mendukung penuh dalam membiayai perjalanan.

Disebutkan Hajarul, dalam ajang MTQ tingkat sejagad itu, salah satunya juara adalah pakar doktor bidang tafsir Alquran dari Maroko yang sangat menguasai hafalan Alquran dan hafal matan Alfiah Ibnu Malik dan berbagai Ilmu alat lainnya dalam menafsirkan Alquran. Kapasitasnya hampir menyamai para profesor tafsir di Indonesia.

Baca: Ini Pekerjaan Menjanjikan Yang Banyak Diminati Anak Muda Zaman Sekarang

"Memang sekilas aura persaingan dalam lomba ini sangat ketat," ujarnya. Namun dari tiga besar peraih juara dalam MTQ kali ini adala juara pertama diraih oleh negara Aljazair, juara dua dan tiga tuan rumah Maroko.

Mereka mengirim dua utusan yang telah sangat berpengalaman dalam ilmu Alquran.

Baca: Pengamat Asing Sebut Jokowi Jadi Otoriter, Fahri Hamzah Ingatkan Ini Pada Timsesnya

"Saya juga berjanji akan terus mendalami tafsir Alqran di masa yang akan datang jauh lebih mendalam guna mempersembahkan prestasi terbaik dalam mengharumkan nama negara dan daerah," kata Ustaz Hajarul Akbar .(*)

Penulis: Idris Ismail
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved