Haji Uma, Na Lawan?

SEMPAT diragukan kapasitasnya pada Pemilu 2014, Haji Uma mengejutkan publik pada Pemilu 2019

Haji Uma, Na Lawan?
IST
H Sudirman

SEMPAT diragukan kapasitasnya pada Pemilu 2014, Haji Uma mengejutkan publik pada Pemilu 2019. Bernama asli Sudirman, sosok yang melejit sebagai ayah Yusniar dalam serial komedi Aceh Eumpang Breueh, ini berhasil merebut hati dan simpati rakyat Aceh, selama 4,5 tahun duduk sebagai Anggota DPD RI di Senayan, Jakarta.

Hasilnya, pada Pemilu 17 April lalu, Sudirman alias Haji Uma yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, meraup hampir separuh suara yang diperebutkan oleh 26 calon DPD RI asal Aceh. Data diperoleh Serambi dari sumber akurat, hingga Jumat (25/4), Haji Uma sudah memperoleh 573.123 suara atau 40,65 persen dari total 1.409.940 suara sah (sementara) dalam pemilihan calon anggota DPD RI di Aceh.

Hebatnya lagi, tak ada satu pun tudingan curang terhadap hasil yang diraih Haji Uma. Bahkan, para pesaingnya pun mengakui kemenangan telak Haji Uma ini. Sebab, mereka juga tahu Haji Uma tidak punya tim yang mampu mengubah hasil pemilihan. Bisa dibilang, perolehan suara Haji Uma dalam Pemilu 2019 bersih sebersih-bersihnya.

Hal ini setidaknya terlihat dari komentar para warganet di laman Facebook Serambinews.com maupun postingan-postingan para tokoh lainnya. Kebanyakan warganet menganggap keberhasilan Haji Uma menyapu sebagian besar suara pemilih ini karena sosoknya dianggap sederhana dan kerap hadir membantu orang miskin dan orang-orang yang membutuhkan bantuan, termasuk tenaga kerja asal Aceh di negeri jiran Malaysia.

Sampai orang sekelas Irwan Djohan (Wakil Ketua DPRA) membuat status Facebook berbunyi “Breaking News; 4 kursi DPD RI semuanya untuk Haji Uma.” Status yang diunggah pada Rabu (24/4) pagi ini, mendapat banyak respons dari netizen dan sudah 19 kali dibagikan.

Pujian terhadap hasil yang diraih Haji Uma juga diungkap Reza Indria, kandidat doktor di Harvard University dalam status Facebooknya, beberapa hari lalu. “Kreuh that Haji Uma, caleg-caleg laen ci jak les dilee bak gobnyan (hebat sekali Haji Uma, caleg lain coba les dulu sama beliau),” tulis Reza Indria dalam status Facebooknya yang capturenya banyak dibagikan ke grup-grup Whatsapp (WA).

Apa tanggapan Haji Uma terhadap besarnya perolehan suaranya pada Pemilu 2019 ini?

“Syukur Alhamdulillah atas amanah yang diberi oleh masyarakat Aceh. Kemenangan yang Allah anugerahkan hari ini merupakan kemenangan masyarakat, dan ini tidak terlepas dari hasil evaluasi masyarakat selama ini,” ujar Haji Uma menjawab Serambi via pesan Whatsapp (WA), Kamis (25/4).

Haji Uma mengaku tidak membentuk tim pemenangan dalam Pemilu 2019. Hanya ada beberapa orang yang berperan sebagai leason officer (LO) atau penghubung dirinya dengan KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota. Selebihnya, Haji Uma dibantu oleh para relawan yang selama ini bertindak sebagai penghubung dirinya dengan masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan di sejumlah daerah.

“Maka, saya awalnya pasrah saja dalam mengikuti Pemilu 2019 ini. Saya serahkan semuaya kepada Allah dan masyarakat. Alhamdulillah, hasilnya membuat saya terharu dan bahagia,” ungkap Haji Uma. Haji Uma juga mengaku tidak punya strategi khusus dalam menggaet suara pemilih. “Yang ada hanya kerja dan mengabdi dan tanpa menghirau ke belakang. Saya berusaha agar tidak pernah merasa letih dalam berbuat, serta tabah dengan pujian dan fitnah,” ungkap Haji Uma.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved