Tafakur

Jejak Ramadhan

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi

Jejak Ramadhan
IST
Jarjani Usman

Oleh: Jarjani Usman

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menginfakkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah Swt menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 133-134)

Ibarat tinggal di suatu daerah, akan ada jejak-jejak khas daerah tersebut pada diri kita, mulai dari (logat) bahasanya, kebiasaan penduduknya, adat istiadatnya, dan lain-lain. Namun, jejak-jejak khas daerah itu tak akan ada pada diri kita jika tak mau berinteraksi dan benar-benar membaur ke dalam masyarakatnya.

Begitu juga Ramadhan yang sempat kita huni yang akan memberi bekas pada diri kita. Di bulan Ramadhan kita telah berlatih untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah, bersabar, tidak memperturutkan hawa nafsu, dermawan, dan lain-lain. Semua itu sebenarnya termasuk ciri-ciri insan yang bertakwa, sebagaimana disebutkan dalam Alquran.

Namun, jejak Ramadhan tak akan membekas dalam diri kita manakala mengabaikan Ramadhan atau tak ikhlas beribadah, walaupun sempat berada di dalamnya. Orang yang demikian bukan hanya merugi besar, tetapi juga digolongkan sebagai orang yang sangat sial, karena itu pertanda tak bersungguh-sungguh menjalani bulan suci Ramadhan. Apalagi ia belum tentu berjumpa bulan Ramadhan tahun berikutnya.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved