Ramadhan 1440 H

Mau Masuk Surga Melalui Pintu Khusus? Berpuasalah

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa orang-orang yang berpuasa akan memasuki Surga melalui pintu khusus yang disebut “Ar-Rayyan".

Mau Masuk Surga Melalui Pintu Khusus? Berpuasalah
SERAMBINEWS.COM
Tgk. Bustamam Usman, SHI, MA, Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh/Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Alumni Dayah (DPP-ISAD) Aceh 

Mau Tiket Khusus untuk Masuk Surga? Lakukan Ini di Bulan Ramadhan

Oleh: Tgk. Bustamam Usman, SHI, MA*)

Diceritakan dalam sebuah kisah, nanti pada hari kiamat, ada kelompok yang masuk surga tanpa diketahui oleh siapapun, termasuk malaikat penjaga surga itu sendiri.

Mereka diberikan sayap di tubuhnya, dan dalam sekejap sudah berada di dinding surga.

Hal ini membuat malaikat penjaga surga heran dan bertanya “Wahai hamba

Allah, kalian ini dari golongan mana, dan umat Nabi mana? Apa amalan kalian sehingga tiba-tiba sudah berada di sini? mereka menjawab kami semua golongan manusia, ummat Nabi Muhammad SAW dan amalan kami berpuasa secara sirriyah di dunia sehingga kami dibalas oleh Allah secara sirriyah juga di akhirat.”

Kisah ini termaktub dalam Kitab Durratun Nashihin (Mutiara para juru nasihat) karya Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khaubawi, ulama Turki yang hidup pada abad ke-18.

Kisah orang-orang yang akan masuk Surga dengan tiket khusus karena amalannya pada bulan Ramadhan, juga diriwayatkan dalam hadits Bukhari dan Muslim.

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa orang-orang yang berpuasa (dengan sebenar-benar puasa) akan memasuki Surga melalui pintu khusus yang disebut “Ar-Rayyan”.

Berikut bunyi haditsnya.

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved