Dipindah Ke Nusakambangan, 3 Napi Hukuman Mati tak Bisa Kasasi

Jika dihitung dari tanggal pemberitahuan putusan banding tanggal 28 Mei 2019 maka jatuh tempo 14 harinya adalah kemarin

Dipindah Ke Nusakambangan, 3 Napi Hukuman Mati tak Bisa Kasasi
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Direktur YARA Safaruddin 

Dipindah Ke Nusakambangan, 3 Napi Hukuman Mati tak Bisa Kasasi

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dari 17 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banda Aceh yang dipindahkan ke Nusakambangan Jawa Tengah oleh Dirjen Permasyarakatan, ternyata empat di antaranya adalah napi kelas kakap.

Mereka adalah Azhari alias Ari bin Azhari, M Albakir alias Bakir bin Bakir, Mahyuddin alias Boy Bin Mahyuddin, dan Abdul Annas Bin Annas.

Keempat napi ini adalah napi kasus narkoba yang masing-masing mereka telah diputuskan hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi Aceh beberapa waktu lalu.

Baca: 17 Napi Lapas Banda Aceh Dipindah Ke Nusakambangan, Ini Alasannnya

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH mengatakan, akibat pemindahan penahanan 17 narapidana (napi) tersebut, tiga napi dengan vonis hukuman mati di Lapas Kelas II A Banda Aceh, kehilangan hak upaya hukum pengajuan kasasi.

Ketiganya adalah Azhari, M Albakir, dan.Mahyuddin.

Sedangkan napi atas nama Abdul Annas Bin Annas sempat mengajukan pernyataan Kasasi karena cepat diurus oleh keluarganya.

"Dua hari sebelum pemindahan tersebut kami telah menyampaikan kepada Dirjen PAS dan Kadiv PAS Kanwil Aceh bahwa proses hukum perkara mereka masih dalam upaya hukum, dan akan kehilangan haknya untuk membela diri jika mereka dipindahkan sebelum upaya hukumnya selesai," kata Safaruddin Selasa (11/6/2019).

Namun hal tersebut, kata Safaruddin, diabaikan oleh Dirjen PAS.

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved