Energi Terbarukan Pekerjakan 11 Juta Orang di Seluruh Dunia, Cina Tempati Urutan Pertama

Konsep energi terbarukan mulai dikenal pada tahun 1970-aan, sebagai upaya untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar nuklir dan fosil

Energi Terbarukan Pekerjakan 11 Juta Orang di Seluruh Dunia, Cina Tempati Urutan Pertama
smart energy.com
Ilustrasi energi terbarukan 

SERAMBINEWS.COM - Sektor energi terbarukan global mempekerjakan 10,98 juta orang pada tahun 2018.

Data dihimpun Anadolu Agency dari laporan Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) menunjukkan jumlah pekerja di sektor energi terbarukan pada tahun 2018 ini, naik 6,6 persen dibandingkan dengan 10,3 juta pada tahun 2017.

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi.

Sumber energi terbarukan ini dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan.

Konsep energi terbarukan mulai dikenal pada tahun 1970-an, sebagai upaya untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar nuklir dan fosil.

Santri memasak menggunakan bahan bakar biogas komunal bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat peresmian infrastruktur energi terbarukan berbasis bioenergi biogas skala komunal di Pondok Pesantren Oemar Dyan, Desa Krueng Lam Kareng, Indra Puri,
Aceh Besar, Sabtu (16/12).
Santri memasak menggunakan bahan bakar biogas komunal bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat peresmian infrastruktur energi terbarukan berbasis bioenergi biogas skala komunal di Pondok Pesantren Oemar Dyan, Desa Krueng Lam Kareng, Indra Puri, Aceh Besar, Sabtu (16/12). ()

Dalam laporan berjudul “Energi Terbarukan dan Pekerjaan-Tinjauan Tahunan 2019”,  Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA)  pada hari Kamis (13/6/2019) menyatakan bahwa lowongan pekerjaan energi terbarukan ini terkonsentrasi di Cina, Brasil, AS, India, dan negara-negara anggota Uni Eropa.

Baca: Kasus Gadai Istri di Luamjang, Hori Bilang Uang Gadai untuk Usaha, Ternyata untuk Judi

Baca: Jadwal Lengkap MotoGP Catalunya 2019 - Para Pembalap Bersaing Mulai Hari Ini

Pangsa negara-negara Asia menguasai 60 persen dari total pasar global.

Cina mempekerjakan sekitar 4,07 juta orang di sektor energi terbarukan dan menempati peringkat pertama dalam pekerjaan, sementara negara-negara Uni Eropa menempati urutan kedua dengan 1,23 juta pekerja.

Brasil berada di peringkat ketiga dengan 1,12 juta orang tahun lalu.

Amerika Serikat dan India mengikuti, masing-masing dengan 855.000 dan 719.000.

Halaman
12
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved