KONI Aceh Kembali Gelar Tes Fisik  

KONI Aceh kembali menggelar tes fisik tahap kedua di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya

KONI Aceh Kembali Gelar Tes Fisik   
IST
ATLET Pelatda Aceh mengikuti tes fisik tahap kedua di trek atletik Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, kemarin. 

BANDA ACEH - KONI Aceh kembali menggelar tes fisik tahap kedua di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, kemarin. Tes ini sebagai persiapan atlet Pemusatan latihan Daerah (Pelatda) menghadapi Pra-PON, dan Porwil.

Mereka yang mengikuti tes fisik tersebut merupakan atlet prioritas I, II dan III yang menjalani Pelatda sejak 1 Maret 2019. Sebelumnya mereka sudah mengikuti tes kemampuan fisik pertama, 19 Maret 2019 di lokasi yang sama.

Penanggungjawab tes fisik atlet Pelatda Pra PON dan Porwil, Dr Mansur MKes menyebutkan, sekitar 90 atlet mengikuti tes fisik kedua ini. Tes ini untuk melihat peningkatan fisik khusus atlet masing-masing cabang olahraga.

“Hasil tes kedua ini menjadi barometer peningkatan fisik atlet setelah tes yang pertama, sekaligus bagi atlet yang akan bertanding di Pra PON dalam waktu dekat ini”, ujar Mansur yang juga Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelatda Pra-PON dan Porwil Aceh.

Mansur menyebutkan, setelah tes ini, pelatih masing-masing cabang olahraga dapat mempertahankan dan meningkatkan fisik atletnya dalam masa Pelatda. Peningkatan fisik untuk penyempurnaan ketrampilan.

Tes fisik yang dijalani atlet diantaranya lari selama 15 menit di trek atletik Stadion Harapan Bangsa. “Atlet cabang angkat besi, catur, menembak, lempar cakram, tolak peluru (atletik) hanya lari tiga menit”, jelasnya.

Sesuai data dari KONI Aceh, terdapat 16 atlet prioritas I dari delapan cabang olahraga. Kemudian, 47 atlet prioritas II dari lima cabor menjalani Pelatda 8 bulan, dan 53 atlet prioritas III dari lima cabor menjalani tiga bulan Pelatda, keseluruhan 126 atlet. Prioritas IV sebanyak 83 atlet menjalani sebulan Pelatda.

Disebutkan, dari 126 atlet prioritas 1, 2 dan 3 diantaranya 90 atlet mengikuti tes fisik kedua, sementara sebagian atlet lainnya telah mengikuti Pelatda di luar Aceh. Atlet prioritas I, II dan III merupakan peraih medali emas, perak dan perunggu di PON XIX/2016 Jawa Barat, Kejurnas resmi/terbuka, Pomnas, Popnas pada 2017 dan 2018.(ran)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved