Habiskan Anggaran Rp 9,3 Miliar, Bandara Kota Langsa tak Bisa Digunakan

Bandara perintis yang berada di kawasan industri Kota Langsa ternyata tidak bisa digunakan meskipun sudah dibangun dengan anggaran mencapai Rp 9,3 M

Habiskan Anggaran Rp 9,3 Miliar, Bandara Kota Langsa tak Bisa Digunakan
For Serambinews.com
Tim Pansus VII DPRA yang diketuai Nurzahri meninjau proyek pembangunan runway airstrip Bandara Kota Langsa,┬áRabu (10/7/2019). 

Habiskan Anggaran Rp 9,3 Miliar, Bandara Kota Langsa tak Bisa Digunakan

Laporan Masrizal | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Bandara perintis yang berada di kawasan industri Kota Langsa ternyata tidak bisa digunakan meskipun sudah dibangun dengan anggaran mencapai Rp 9,3 miliar pada tahun anggaran 2018. Tim Pansus VII DPRA menemukan pembangunan runway  (landasan pacu) airstrip bandara tersebut tidak sesuai  spesifikasi dalam kontrak.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Pansus, Nurzahri kepada Serambinews.com, Rabu (10/7/2019) setelah turun ke lapangan. Dalam peninjauan itu turut serta Wakil Ketua dan Sekretaris Tim, Asrizal H Asnawi dan Zulfikar Lindan, serta anggota tim, Rusli, Jamaluddin T Muku, dan Wan Iskandar.

“Hasil pengecekan di lapangan oleh Pansus VII menemukan ternyata landasan pacu tersebut tidak dapat digunakan untuk pendaratan pesawat udara karena tidak memenuhi aspek keselamatan penerbangan,” kata Nurzahri.

Dari pengamatan lapangan, lanjut Nurzahri, kondisi landasan tersebut bergelombang dan banyak terdapat genangan air yang pasti akan membuat slip roda pesawat apabila mendarat di sana.

“Sehingga Pansus VII berkesimpulan negara telah dirugikan sebesar Rp 9,3 miliar lebih karena proyek tersebut tidak dapat difungsikan,” tegas anggota DPRA dari Partai Aceh ini.

Bandara untuk Irwandi

Dalam kesempatan itu, Nurzahri juga menjelaskan bahwa proyek tersebut awalnya dibangun untuk pendaratan pesawat terbang Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf jenis shark Aero  “Hanakaru Hokagata” yang kini sedang rusak dan diperbaiki di Slovakia.

“Bandara tersebut awalnya menggunakan anggaran APBK Kota Langsa yang juga diduga bermasalah karena dikerjakan mendahului anggaran agar bisa digunakan oleh Irwandi Yusuf untuk kepentingan pelantikan Wali Kota Langsa,” ujar dia.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved