tafakur

Investasi Akhirat

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah

Investasi Akhirat
IST
Jarjani Usman

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

Kehidupan ini sering kali diungkapkan dengan istilah-istilah ekonomi, seperti investasi, tabungan, keuntungan, pinjaman, kerugian, kebangkrutan, jualan, laba berlipat ganda, modal, dan lain-lain. Karena itu, kita juga sepatutnya memikirkan untung rugi bila hendak berbuat sesuatu di dunia ini.
Bila menggunakan istilah untung rugi, kita akan istikamah pada jalur yang menguntungkan. Sebagaimana telah diingatkan, berinvestasi dalam kebaikan dijamin tidak akan pernah rugi, walaupun dunia dalam prahara. Walaupun mungkin jumlahnya secara fisik berkurang, pahala bertambah. Bahkan dikatakan, ada perbuatan yang apabila benar-benar diinvestasikan di jalan Allah, maka akan memperoleh pahala yang dilipatgandakan.

Kesempatan memperoleh keuntungan berlipat ganda sangat rugi bila diabaikan. Apalagi tak semuanya melibatkan harta benda yang banyak. Bisa juga investasi dalam bentuk tenaga dalam menyebarkan kebaikan kepada orang banyak. Bekerja secara profesional dan sungguh-sungguh dalam melayani masyarakat termasuk di antara investasi penting yang menawarkan keuntungan luar biasa.

Apalagi bekerja dengan sungguh-sungguh bukan hanya menginvestasikan waktu, tetapi juga keterampilan, kesabaran, keseriusan, keinginan membantu, dan menjadi contoh teladan bagi orang lain. Semua itu akan diperhitungkan sebagai investasi untuk kehidupan akhirat.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved