Tafakur

Misi Pengabdian

Hidup kita akan lebih baik bila sering mengakrabkan diri dengan misi hidup di dunia ini, yakni misi yang berkenaa

Misi Pengabdian
IST
Jarjani Usman

Oleh: Jarjani Usman

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” (Q.S. Adz-Dzaariyaat: 56)

Hidup kita akan lebih baik bila sering mengakrabkan diri dengan misi hidup di dunia ini, yakni misi yang berkenaan dengan tujuan kita berada di dunia ini. Misi kita jelas disebutkan dalam Alquran, yaitu mengabdi kepada Allah. Jika mengusung misi ini, kita akan memperoleh sejumlah manfaat penting.

Bila mengusung misi pengabdian, ketika berbuat sesuatu kebaikan akan selalu mengharapkan hasil yang berkualitas. Soalnya, semua yang diperbuat diniatkan karena Allah dan disaksikan oleh-Nya. Jika pun tidak memperoleh keuntungan dalam bentuk uang yang halal, akan tetap memperoleh berbagai keuntungan lain, disadari atau tidak. Apalagi Allah telah memastikan bahwa tak sedikit ada kerugian bagi setiap kebaikan yang dilakukan. Semuanya akan dibalas dengan kebaikan oleh Allah.

Selanjutnya, bila mengusung misi pengabdian, setiap kesukaran dalam melakukan suatu kebaikan akan dianggap sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi. Lazimnya, seseorang yang tertantang akan berusaha belajar lebih rajin lagi untuk menghadapi setiap tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Kebiasaan belajar juga akan memberi keuntungan positif lainnya bagi kita. Belajar adalah kunci kesuksesan, apalagi dipadukan dengan doa. Doa yang paling baik ialah doa yang disertai dengan usaha-usaha giat untuk meraih sesuatu yang diharapkan. Karena itu, perlu selalu memperbarui ingatan tentang misi pengabdian dalam hidup ini.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved