Siswi Berprestasi

Imelda Perankan Sosok Putroe Neng yang Legendaris di FL2SN Nasional

Putroe Neng adalah sebuah legenda tentang wanita cantik di Aceh yang 99 suaminya meninggal secara misterius di malam pertama.

Imelda Perankan Sosok Putroe Neng yang Legendaris di FL2SN Nasional
Dok: SMKN 3 Lhokseumawe
Imelda, pemeran Putroe Neng bersama empat penari pria lainnya. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM – Putroe Neng, adalah sebuah legenda wanita cantik di Aceh yang 99 suaminya meninggal secara misterius di malam pertama.

Kisah legenda Putroe Neng yang merupakan pemimpin armada laut ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Aceh secara umumnya.

Bahkan banyak juga masyarakat yang datang ke makam Putroe Neng yang terletak di pinggir Jalan Medan Banda Aceh, tepatnya di Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Nah, sosok Putroe Neng inilah yang diperankan Imelda (17), siswi cantik kelas 3 SMK Negeri 3 Lhokseumawe dalam sebuah tarian yang berdurasi 06:49 menit.

Sehingga ia pun kini berhasil mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional pada even Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan berlangsung di Lampung, pada 15 September 2019 mendatang.

Lomba yang diikuti yakni cabang tarian tradisional.

Baca: Kisah Putroe Neng yang Nikahi 100 Pria, 99 Suami Meninggal Saat Malam Pertama

Baca: Kisah Heroik Laksamana Keumalahayati Diangkat dalam Bentuk Komik

Baca: Banda Aceh Juara FLS2N SMA Tingkat Provinsi Aceh

Imelda yang merupakan warga Meunasah Blang Crum, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe itu menyebutkan, tarian yang diberi judul  Putroe Neng ini melibatkan lima penari yang terdiri empat pria dan satu wanita.

Empat pria penari yang juga siswa SMK Negeri 3 Lhokseumawe itu adalah Zulfikar, T Saiful Munir, M Iqram Islami, dan Fadliyatul.

Sesuai tema pada tarian tersebut, keempat siswa berperan sebagai para suami Putroe Neng.

Tarian ini diawali intro musik etnis Cina, sehubungan legenda Putroe Neng yang berasal dari Cina dengan nama Nian Nio Lian Khie, dan masuk ke Aceh untuk menyatukan seluruh kerajaaan di Pulau Ruja (Sumatra).

Halaman
123
Penulis: Saiful Bahri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved