Idul Adha 1440 H

Jumat Sudah Bulan Zulhijjah, Ingat Batas Akhir Potong Kuku dan Rambut

Ada beberapa ketentuan bagi Anda yang niat berkurban pada bulan Dzulhijjah, agar bisa meraih keutamaan dari ibadah qurban.

Bagi Anda yang sudah berniat berqurban pada Idul Adha ini, sangat perlu mengetahui jadwal masuknya Bulan Zulhijjah ini

SERAMBINEWS.COM – Jika tidak ada aral, umat Muslim di sebagian negara di dunia akan mulai memasuki bulan Zulhijjah 1440 H pada hari Jumat 2 Agustus 2019.

Bagi wilayah Indonesia, termasuk Aceh, kepastian masuknya bulan Zulhijjah ini akan ditentukan oleh pengamatan hilal.

Khusus Aceh, pengamatan hilal akan dilakukan oleh pihak Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Kamis (1/8/2019).

Pengamatan untuk menentukan awal Zulhijah 1440 Hijriah tersebut akan dilaksanakan di Gedung Pusat Observatorium Hilal Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, dan sejumlah lokasi lainnya.

"Untuk hasilnya akan kami laporkan kepada Kementerian Agama RI sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat penentuan awal Zulhijah 1440 Hijriah," kata Kakanwil Kemenag Aceh, HM Daud Pakeh kepada Serambinews.com,  Rabu (31/7/2019).

Daud Pakeh juga menyebut, selain di Lhoknga pengamatan hilal juga  dilaksanakan di Aceh Utara, Lhokseumawe, di Bukit Poly kompleks Perta Arun Gas/Bukit Cot Semen Muara Dua, Gunung Cring Cran, Aceh Jaya, Pantai Suak Geudeubang, Aceh Barat.

Selain itu juga di Pantai Lhok Keutapang, Aceh Selatan, Pantai Nancala, Kecamatan Teupah Barat, Simeulue, Tugu Kilometer nol Indonesia Sabang dan pantai Ujong Manggeng, Aceh Barat Daya (Abdya).

Baca: 12 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ibadah Kurban, Sebagian Masih Jadi Perdebatan di Masyarakat

Baca: Besok Badan Hisab Rukyat Kemenag Aceh Pantau Hilal Zulhijjah, Ini Lokasinya

Ketentuan Bagi yang Berqurban

Bagi Anda yang sudah berniat berqurban pada Idul Adha ini, maka sangat perlu mengetahui jadwal masuknya Bulan Zulhijjah ini.

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved