Kebencanaan

Dinsos Aceh Tengah Edukasi Pelajar Tentang Kebencanaan

Edukasi kebencanaan tersebut dinilai penting mengingat Aceh Tengah merupakan salah satu daerah rawan terjadinya bencana.

Dinsos Aceh Tengah Edukasi Pelajar Tentang Kebencanaan
Serambinews.com
Personel dari BPBD Abdya bersama Anggota Tagana, Satgas SAR dan RAPI, Kamis (14/3/2019) melakukan pembersihan potongan kayu sisa banjir di aliran Krueng Beukah. 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Tengah memberikan edukasi tentang kebencanaan bagi para pelajar di sejumlah sekolah di daerah itu.

Edukasi kebencanaan tersebut dinilai penting mengingat Aceh Tengah merupakan salah satu daerah rawan terjadinya bencana.

Kadis Sosial Aceh Tengah, Fakhruddin kepada Serambi, Sabtu (17/8/2019) mengatakan, edukasi atau pemberian pemahaman tentang kebencanaan kepada para pelajar, merupakan salah satu upaya untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan, apabila terjadi bencana.

“Jadi mereka tahu, apa yang harus dilakukan, jika terjadi bencana,” kata Fakhruddin.

Bahkan, lanjutnya, para pelajar tidak hanya mengerti cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana, tetapi juga paham potensi bencana apa saja yang ada di daerahnya sehingga bisa dihindari.

Baca: Pasar Rakyat, Cara Pemkab Aceh Tamiang Menjamu Warga pada Peringatan HUT Ke 74 RI

Baca: 2019 Penari Rapai Geleng Tampil Memukau, Bupati Abdya Janji Tambah Anggaran untuk Kesenian Daerah

Baca: Ini Jadwal Pelantikan dan Nama-nama Anggota Dewan Aceh Utara Terpilih 2019 Didominasi Kaum Muda

Termasuk juga mengerti tata cara penanggulangan pasca bencana.

“Daerah kita juga termasuk kawasan rawan bencana, seperti gempa bumi, angin puting beliung, banjir bandang dan tanah longsor. Makanya, selain masyarakat, para siswa juga harus tahu tentang kebencanaan ini,” jelasnya.

Ditambahkan Fakhruddin, edukasi tentang kebencanaan dengan sasaran para siswa merupakan program Kemensos RI, mengingat secara umum sebagian besar daerah di Indonesia merupakan kawasan yang rawan akan terjadinya bencana.

“Generasi muda juga perlu diberikan pemahaman soal ini, sehingga bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan,” tambahnya.

Untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang kebencanaan, Dinsos Aceh Tengah, sengaja menerjunkan sejumlah tim dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan mendatangi beberapa sekolah.

Hal serupa juga dilakukan oleh pihak BPBD Aceh Tengah yang secara rutin menggelar sosialisasi tentang penanggulanan bencana di sejumlah lembaga pendidikan yang ada di daerah itu.(*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved