Dua Agen dan Satu Pemasok Sisik Trenggiling Disergap Polisi

Personel opsnal Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh, meringkus dua agen sisik Trenggiling, plus satu pemasok sisik dari jenis satwa yang dilindungi..

Dua Agen dan Satu Pemasok Sisik Trenggiling Disergap Polisi
SERAMBINEWS.COM/MISRAN ASRI
Kasat Reskrim, AKP M Taufiq (tiga dari kiri) didampingi sejumlah anggotanya menunjukkan barang bukti sisik Trenggiling yang diamankan dari tiga tersangka saat konferensi pers, di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (21/8/2019). 

Dua Agen dan Satu Pemasok Sisik Trenggiling Disergap Polisi

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Personel opsnal Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh, meringkus dua agen sisik Trenggiling, plus satu pemasok sisik dari jenis satwa yang dilindungi tersebut, pada Senin (19/8/2019) malam dan Selasa (20/8/2019) dini hari.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, melalui Kasat Reskrim AKP M Taufiq SIK, mengatakan penangkapan terhadap dua agen plus satu pemasok (pedagang) sisik Trenggiling dilakukan di dua lokasi.

Menurut mantan Kasat Reskrim Polres Langsa ini, penangkapan pertama pada Senin (19/8/2019) malam, sekitar pukul 21.00 WIB itu, dilakukan terhadap Khairul Furqan dan Ahmad Zaini.

Awalnya, lanjut AKP Taufiq, polisi memperoleh informasi ada transaksi sisik Trenggiling di satu hotel, dalam Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Begitu mendapat laporan tersebut, petugas langsung bergerak ke hotel dimaksud dan mendapati tersangka Khairul Furqan.

4 Stand Pamerkan Hasil Kerajinan Tangan di Festival Budaya Saman di Gayo Lues, Ini Jenis Produknya

Lesatkan 10 Gol, Wirataco Rebut Tiket Semifinal LFN 2019

Salah Satu Pemeran Video Vina Garut Positif HIV, Selain Hubungan Seksual, Ini Penyebab Lain HIV

Begitu tas cokelat milik tersangka digelandang petugas, sebanyak 6,3 sisik Trenggiling ditemukan, di samping personel ikut menemukan 115 duri landak dalam tas tersebut.

"Khairul Furqan kami tangkap di satu hotel di Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Lalu, hasil interogasi terhadap tersangka, dia mengaku mendapatkan sisik Trenggiling itu dari Ahmad Yani yang tidak lama setelah itu juga berhasil kita ringkus," kata AKP Taufiq dalam konferensi pers yang digelar di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (21/8/2019).

Lalu dari penangkapan Ahmad Yani, meluncur pengakuan bahwa seluruh sisik Trenggiling serta seratusan duri landak yang diamankan dari tangan Khairul Furqan tersebut, dia dapatkan dari Fauzul M Isa HR.

Jarang Tampil, Farizal Dillah Resmi Dilepas Persiraja, Ini Alasan Pelatih Hendri Susilo

Lifter Aceh, Surahmat Rebut Tiga Emas di Kejurnas, Wakili Indonesia ke SEA Games di Manila

Desain Wajah Baru Ibu Kota Negara di Kalimantan: Letak Istana, Tugu Pancasila dan Perumahan Menteri

"Setelah mendapat keterangan ada keterlibatan tersangka lainnya, yakni Fauzul M Isa HR sebagai pedagang dan pemasok sisik dari satwa dilindungi itu, akhirnya personel Satreskrim bergerak menyergap tersangka di Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar, pada Selasa dini hari," ungkap mantan Kapolsek Kuta Alam ini.

Ketiga tersangka yang saat ini ditahan di sel Mapolresta Banda Aceh dikenakan Pasal 21 Ayat 2 huruf (b) dan (d) Jo Pasal 40 Ayat 2 Undang-Undang RI, Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.

"Berkenaan dengan Pasal yang dikenakan itu hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta," pungkas AKP Taufiq.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved