Harga Sawit

Harga TBS di Subulussalam Mulai Naik, Apkasindo: Di Pabrik Capai Rp 1.130 Per Kg

Ketiganya adalah PT Banhun Sempurna Lestari Rp 1.060 dan PT Budidaya Agrotamas Rp 1.030 serata PT Samudra Sawit Nabati atau SSN Rp 1.040 perkilo gram.

Harga TBS di Subulussalam Mulai Naik, Apkasindo: Di Pabrik Capai Rp 1.130 Per Kg
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
SUBANGUN Berutu Ketua Apkasindo Kota Subulussalam versi Munas Jakarta. 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Harapan para petani kelapa sawit di Kota Subulussalam agar harga tandan buah segar (TBS) membaik nampaknya mulai terwujud meskipun tidak sedrastis pada masa anjlok selama tiga tahun terakhir .

“Sekadar info kepada petani, ada perkembangan harga sawit mulai naik walaupun tidak begitu drastis,” kata Subangun Berutu Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kota Subulussalam versi Munas Jakarta kepada Serambinews.com Selasa (27/8/2019).

Menurut Subangun, berdasarkan pantauan pihaknya di beberapa pabrik sudah mulai ada yang menaikan harga TBS. Namun sejauh ini, baru satu Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) yang menaikan harga hingga Rp 1.130 per kilogram yakni PT Global Sawit Semesta atau GSS. Sementara tiga pabrik lainnya masih berkisar Rp 1.030 dan Rp 1.040.

Ketiganya adalah PT Banhun Sempurna Lestari Rp 1.060 dan PT Budidaya Agrotamas Rp 1.030 serata PT Samudra Sawit Nabati atau SSN Rp 1.040 perkilo gram.

Dikatakan, kenaikan ini sesungguhnya belum berarti dibanding kebutuhan dan harapan petani. Apalagi saat turun harga bukan per Rp 20-100 tapi secara drastis.

Lagi pula, dari tiga PMKS yang beroperasi di Kota Subulussalam baru BSL yang diperoleh informasi kenaikan sementara dua lainnya belum ada.

Subangun menyatakan harga TBS di Subulussalam masih jauh dari ketentuan Permentan RI yang seharusnya bisa mematok hingga Rp 1.300 per kg.

Meski terjadi kenaikan para petani mengaku kalau kenaikan tersebut, masih belum menguntungkan mereka. Sebab, dengan harga sedemikian, petani hanya mendapatkan hasil yang tidak setimpal dengan biaya perawatan.

Petani, lanjut Subangun memang mulai bernapas lega dan berharap dengan perlahan harga TBS kelapa sawit tersebut terus meningkat hingga di atas Rp 1.600 per kilogram.

Halaman
12
Penulis: Khalidin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved