Berita Aceh Besar

Disdukcapil Aceh Besar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Bagi Keuchik dan Muspika

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Besar kembali melakukan sosialisasi Kebijakan Kependudukan kepada puluhan Keuchik...

Disdukcapil Aceh Besar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Bagi Keuchik dan Muspika
For Serambinews.com
Peserta Sosialisasi Kebijakan Kependudukan di Aula Kantor Camat Darussalam, Aceh Besar, Rabu (28/8/2019). 

Disdukcapil Aceh Besar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Bagi Keuchik dan Muspika

Laporan Jalimin | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Besar kembali melakukan sosialisasi Kebijakan Kependudukan kepada puluhan Keuchik dan Muspika dari Kecamatan Darussalam dan Baitussalam, di Aula Kantor Camat Darussalam, Rabu (28/8/2019).

Sosialisasi yang berlangsung selama satu hari penuh yang diikuti oleh 29 Sekretaris Desa (Sekdes) dari Kecamatan Darussalam, 13 Sekdes dari Kecamatan Baitusalam dan para imum mukim dan tokoh masyarakat serta Muspika Darussalam dan Baitussalam.

Kadisdukcapil Aceh Besar, Rahmad Sentosa SSos MAP, mengatakan, kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman dan pencatatan tentang peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya.

Agus dan Trio Berhasil Raih Juara Kompetisi Honda Tingkat Nasional

Mutia Zuhra, Belajar Kerajinan Tangan dari YouTube

Hadapi Babak 12 Besar, Galacticos Peusangan Raya akan Tambah Lima Pemain Baru

Pria Ini Lapor ke Polisi Karena Mobilnya Hilang, Malah Dia yang Ditangkap, Begini Ceritanya

Kebijakan itu, mulai dari lahir dalam tumbuh kembang seseorang sampai dengan meninggal dunia sehingga terwujudnya tertibnya adminitrasi kependudukan bagi masyarakat Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan yang menghadirkan pemateri yakni dua orang dari Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) dan dua orang Disdukcapil Aceh Besar, dimana para pemateri itu nantinya menyampaikan materi Undang-undang(UU) nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependududukan.

Dalam sosialisasi itu juga, Disdukcapil menjelaskan tentang persyaratan pencatatan kelahiran, akta kematian, E-KTP dan berbagai administrasi kependudukan lainnya, termasuk tentang administrasi pindah/datang dan sebagainya.

Kotak Sambung Jaringan Internet Ke Kota Takengon Hilang

Pada kesempatan itu juga, pihaknya memperkenalkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada aparatur gampong. Dimana KIA ini merupakan program nasional dalam bentuk pemenuhan kewajiban Negara bagi kepemilikan dokumen identitas yang peruntukan kepada anak-anak yang masih umur 0 sampai dengan 17 tahun.

Menurutnya, kartu KIA ini sangat bermanfaat bagi anak, selain bisa diperuntukan saat masuk ke sekolah, juga sangat penting bagi anak-anak saat bepergian, untuk mengurus kartu KIA ini sangat mudah, hanya membawa kartu keluarga (KK) dan Akte Kelahiran anak, khusus untuk anak diatas umur 5 tahun wajib melampirkan pas photo anak ukuran 2x4 sebanyak 2 lembar.

"Harapannya kepada para keuchik dan perangkat gampong dari dua kecamatan tersebut nantinya dapat memberikan infomasi yang sebenarnya kepada warga tentang berbagai administrasi kependudukan," demikian Rahmad Sentosa.(*)

Ratusan Warga Juli Gelar Zikir dan Doa Bersama

Siswa SMAN 1 Bireuen Juara Debat Bahasa Inggris

Pramuka Aceh Singkil Dapat Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Jurnalistik

Penulis: Jalimin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved