Berita Aceh Besar

Warga Panik, Lahan Rumbia di Dekat Permukiman Warga Cot Gue Terbakar

“Begitu kami menerima informasi itu, petugas piket pemadam kami langsung bergerak ke lokasi untuk segera melakukan penanganan kebakaran,”

Warga Panik, Lahan Rumbia di Dekat Permukiman Warga Cot Gue Terbakar
FOR SERAMBINEWS.COM
Lahan rumbia di dekat permukiman warga Gampong Cot Gue, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar terbakar, Kamis (29/8/2019). 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Lahan rumbia seluas kurang lebih satu hektare di Gampong Cot Gue, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Kamis (29/8/2019) sore, sekitar pukul 17.00 WIB, terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar, Farhan AP kepada Serambinews.com, menerangkan petugas piket pemadam BPBD Aceh besar Pos Sibreh mendapatkan informasi yang disampaikan masyarakat tentang ada kejadian kebakaran lahan rumbia di desa setempat.

“Begitu kami menerima informasi itu, petugas piket pemadam kami langsung bergerak ke lokasi untuk segera melakukan penanganan kebakaran,” sebut Farhan.

Baca: Kodam IM Perlihatkan 187 Senpi Bekas Konflik kepada Kasad Jenderal TNI, Andika Perkasa

Lokasi kebakaran lahan rumbia itu sangat berdekatan dengan perumahan warga serta toko-toko di kawasan Cot Gue, sehingga api yang cukup besar ditambah kepulan asap yang membumbung tinggi dan tebal, sehinggamenimbulkan kepanikan warga.

Masyarakat setempat pun berupaya melakukan pemadaman manual, tapi tidak begitu membantu.

Sehingga sejumlah warga pun menghubungi petugas pemadam BPBD Aceh Besar untuk membantu pemadaman setelah ada kekhawatir api merambat ke pemukiman warga.

Pemadam BPBD Aceh Besar Pos Sibreh mengerahkan satu unit armada pemadam dan satu unit mobil water supply ke lokasi kejadian untuk proses pemadaman.

“Begitu tiba di lokasi kejadian petugas langsung melakukan penanganan dengan memblokade api sesuai arah angin di karenakan lahan tersebut berdekatan dengan rumah dan toko warga.

Alhamdulillah, pemadaman baru selesai dilaksanakan petugas sekitar pukul 18.50 WIB,” tambah petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Iqbal.

Baca: Ini Penjelasan Polisi Terkait Pria Berambut Panjang Mengaku Datang ke Aceh Untuk Berjihad

Proses pemadaman tersebut dibantu personel Koramil dan Polsek Darul Imarah serta warga setempat.

“Kalaksa BPBD Aceh Besar menghimbau warga agar tidak membuka lahan dengan cara membersihkan, membakar tanpa pengawasan, di samping tindakan itu berdampak akan terjadi kebakaran besar serta merusak habitat alam yang ada di lokasi,” sebut Iqbal.

Kalaksa BPBD Aceh Besar, lanjutnya juga menegaskan bagi yang sengaja melakukan pembakaran lahan dapat diancam hukuman pidana, kutip Iqbal.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved