Bener Meriah Siap Jadi Tuan Rumah PON 2024

Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menyatakan kesiapan jika ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan cabang olahraga (cabor)

Bener Meriah Siap Jadi Tuan Rumah PON 2024
Foto dokumentasi Disparpora Bener Meriah
Bupati Bener Meriah, Sarkawi, mendampingi tim survei dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Aceh, Kolonel Pnb Hendro Arief, di kawasan puncak Gunung Merah Putih, Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Minggu (8/9/2019). Foto dokumentasi Disparpora Bener Meriah. 

* Untuk Cabor Paralayang

REDELONG - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah menyatakan kesiapan jika ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan cabang olahraga (cabor) paralayang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Pasalnya, kabupaten yang berada di kaki Gunung Burni Telong itu, memiliki potensi besar untuk dijadikan tuan rumah cabor paralayang. Hal itu dikemukakan oleh Kadisparpora Bener Meriah, Riswandika Putra, kepada Serambi,  Senin (9/9).

Menurut Riswandika Putra, kesiapan Bener Meriah semakin menguat setelah dilakukannya survei oleh tim Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang dipimpin oleh Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief SSos pada Minggu (8/9).

Dia menyebutkan, calon venue atau lokasi yang disurvei yaitu di Puncak Gunung Merah Putih di Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah. Calon venue paralayang ini berada di ketinggian sekitar 1.700 hingga 1.800 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL).

“Ada beberapa pertimbangan, makanya kita nyatakan Bener Meriah siap menjadi lokasi penyelenggaraan cabor paralayang pada PON 2024 nanti. Selain ketinggiannya mendukung, juga akses ke sana tidak sulit,” sebutnya.

Meski begitu, lanjut Riswandika, bila Kabupaten Bener Meriah dipercaya menjadi salah satu lokasi penyelenggaran cabor pada PON Aceh-Sumut 2024, dibutuhkan penyempurnaan venue agar bisa memenuhi standar penyelenggaraan. “Selain itu, ada beberapa syarat lain yang akan segera disiapkan. Tentu kita berharap ada dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat,” harapnya.

Di sisi lain, calon venue cabor paralayang di Bener Meriah, selain menyajikan panorama Kota Kabupaten Bener Meriah, juga menawarkan pemandangan hamparan kopi arabika yang membentang di antara pemukiman warga. “Ini menjadi daya tarik tersendiri, makanya kita optimis bila nanti ditunjukka menjadi lokasi penyelenggaraan cabor paralayang,” ujar Riswandika.

Sehari sebelumnya, Ketua FASI Aceh, Kolonel Pnb Hendro Arief S Sos, beserta tim ketika melakukan survei di Puncak merah putih, didampingi langsung oleh Bupati Bener Meriah, Sarkawi, staf ahli, Nurisman, Kadiskominfo Irmansyah dan Kadisparpora, Riswandika Putra.

Dalam kesempatan itu, Hendro Arief menilai puncak Gunung Merah Putih di Kabupaten Bener Meriah memiliki potensi serta lokasi yang ideal untuk dijadikan sebagai tempat olahraga paralayang. “Lokasi ini sangat tepat digunakan untuk event nasional maupun internasional,” kata Hendro Arief disela-sela kegiatan survei, Minggu (8/9).

Hendro Arief yang juga menjabat sebagai Danlanud SIM mengharapkan agar Bener Meriah, sesegera mungkin bisa membentuk kepengurusan FASI di daerah itu. Bahkan Kadiskominfo Bener Meriah Irmansyah telah ditunjuk agar bisa menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab) pembentukan FASI Bener Meriah. (my)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved