Zaenal Abidin yang Tewas Dipukul Oknum Polisi Diberi Santunan, BKBH Curigai Ada Kesalahan SOP

Zaenal Abidin (29), pemuda yang tewas setelah dipukul oknum polisi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), diberi santunan

Zaenal Abidin yang Tewas Dipukul Oknum Polisi Diberi Santunan, BKBH Curigai Ada Kesalahan SOP
KOMPAS.com/IDHAM KHALID
Sahabudin (60), ayah Zaenal Abidin (29), pemuda yang tewas setelah dipukul oknum polisi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis (5/9/2019) lalu. 

SERAMBINEWS.COM - Zaenal Abidin (29), pemuda yang tewas setelah dipukul oknum polisi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis (5/9/2019) lalu diberi santunan oleh pihak kepolisian.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Selasa (10/9/2019), Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) Fakultas Hukum Universitas Negeri Mataram (Unram) menduga kuat adanya kesalahan standara operasi prosedur (SOP) dari pihak kepolisian.

Advokat BKBH Unram, Joko Jumadi meyakini adanya kesalahan SOP kepolisian saat menangani Zaenal yang berniat mengambil motornya yang ditilang hingga terjadi pemukulan pada Kamis (5/9/2019) lalu.

"Kuat dugaan dari kami ada kesalahan SOP yang dilakukan kepolisian dalam menangani kasus Zaenal," ujar Joko Jumadi.

Joko menyebut dugaan kuat itu dibuktikan dengan pemberian santunan atau tali asih dari pihak kepolisian kepada keluarga Zaenal.

Tak hanya itu, keluarga Zaenal juga sudah menandatangani sebuah surat pernyataan damai.

"Karena ini ada tali asih dan surat pernyataan dari keluarga, kami menduga ada proses kesalahan dalam penanganan saudara Zaenal," ungkap Joko Jumadi.

Sementara itu, pihak Polda NTB kini sudah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kasus ini.

"Dalam hal ini kami sudah membentuk tim investigasi," kata Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sujana dalam jumpa pers di Mapolda NTB.

Kini empat oknum anggota Polres Lombok Timur sedang menjalani pemeriksaan oleh Kabid Propam Polda NTB.

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved