Berita Nagan Raya

Dinkes Nagan Raya Temukan 7 Penderita Kusta

“Penanganan penyakit ini dapat sembuh selama 6 bulan-1 tahun. Namun ada juga yang tidak bisa disembuhkan, bahkan ada yang cacat akibat penyakit itu,"

Dinkes Nagan Raya Temukan 7 Penderita Kusta
SERAMBINEWS.COM/ SA’DUL BAHRI
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Nagan Raya, Dedi Apriadi. 

“Penanganan penyakit ini dapat sembuh selama 6 bulan hingga 1 tahun. Namun ada juga yang tidak bisa disembuhkan, bahkan ada yang cacat akibat penyakit itu,"

Laporan Sa'dul Bahri | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Tahun 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya ,menemukan sebanyak tujuh pasien penderita penyakit kusta yang terdapat di kabupaten tersebut. 

Ketujuh pasien tersebut, kini dalam penanganan petugas kesehatan di tingkat kecamatan masing-masing.

Para pasien yang terdeteksi penyakit kusta itu, terus dilakukan pengobatan oleh pihak petugas dengan mengantarkan langsung obat-obatan, untuk dapat dikonsumsi selama 6 bulan hingga 1 tahun kedepan.

“Penanganan penyakit ini dapat sembuh selama 6 bulan hingga 1 tahun. Namun ada juga yang tidak bisa disembuhkan, bahkan ada yang cacat akibat penyakit itu," ujar dr Dedi Apriadi, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Nagan Raya Kepada Serambinews.com, Rabu (11/9/2019).

Baca: Isi Seminar di UIN Ar-Raniry, Haji Uma Ingatkan Jangan Lalai Dengan Tik Tok, Promosi Budaya Islam

Dijelaskan, terkait penyakit kusta itu pihak petugas terus mendeteksi secara dini, warga yang ada di daerah itu agar dapat dilakukan penanganan cepat.

Ditambahkan, terkait dengan para pasien tersebut, sangat sangat minim  mereka datang ke tempat kesehatan, namun pihak petugas lah yang sering mengunjungi para penderita penyakit kusta itu ke rumah-mereka dengan memberikan obat secara teratur.

Ia menjelaskan, penyakit itu dapat disembuhkan jika memang para pasien meminum obat secara rutin selama 6 bulan berturut-turut akan hingga 1 tahun.

Sehingga penyakit tersebut dapat disembuhkan, namun ada juga yang tidak bisa disembuhkan karena keterlambatan penanganan, bahkan ada yang cacat.

Ia menambahkan, penyakit itu merupakan sebuah kuman yang sulit untuk disembuhkan.

Namun dengan obat-obatan yang tersedia, saat ini penyakit itu masih bisa disembuhkan.

Baca: Tiga Kecamatan di Aceh Tamiang Rentan Terjadi Puting Beliung, Ini Daerahnya

Dengan catatan harus melakukan konsumsi obat, sebagaimana yang telah dianjurkan dan petugas kesehatan.

Sejauh ini Dinas Kesehatan hanya menemukan 7 orang penderita penyakit kusta di Kabupaten Nagan Raya dan berharap kedepan penyakit itu semakin kecil.

Penanganan kusta di Kabupaten Nagan Raya sudah masuk dalam eliminasi atau sudah dapat tertangani dengan baik hingga tuntas. (*)

Baca: Seorang Warga Kota Juang dan Kutablang Diamankan ke Polres Bireuen, Ini Kasusnya

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved