Berita Aceh Tengah

Puluhan Warga Aceh Tengah Dilatih Keterampilan Kerja

Mengikuti pelatihan berbasis kompetensi (PBK) tentang pemasangan instalasi listrik, service sepeda motor konvesional serta menjahit.

Puluhan Warga Aceh Tengah Dilatih Keterampilan Kerja
Serambinews.com
Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kabupaten Aceh Tengah, Kausarsyah, menyerahkan seragam pelatihan kepada perwakilan peserta pelatihan keterampilan kerja di BLK Blang Bebangka, Pegasing, Senin (10/9/2019). 

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Sebanyak 80 warga dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah, mengikuti pelatihan berbasis kompetensi (PBK) tentang pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, service sepeda motor konvesional serta pelatihan keterampilan menjahit.  

Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kausarsyah SE MM, kepada Serambinews.com, Selasa (10/9/2019) menyebutkan, pelatihan keterampilan tersebut, sudah dimulai sejak bulan Maret 2019. “Semuanya ada 20 angkatan. Untuk pelatihan kali ini, hanya tinggal 5 angkatan lagi, atau sekitar 80 orang, karena setiap angkatan ada 16 orang peserta,” kata Kausarsyah.

Dia sebutkan, pelatihan keterampilan kerja tersebut, ditujukan bagi warga atau pemuda-pemudi yang tidak memiliki pekerjaan, sehingga dibekali dengan keahlian seperti menjahit, listrik serta bengkel. “Ketika mereka sudah memiliki keahlian, bisa membuka peluang usaha sendiri. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan menjadi orang yang akan menyediakan lapangan kerja,”sebutnya.

Menurut Kausarsyah, sistem rekruitmen peserta pelatihan, disampaikan langsung kepada para reje (keucik) dari sejumlah kecamatan, agar dapat mengirimkan warganya yang menganggur untuk dapat dilatih keterampilan kerja. “Intinya, para peserta ini merupakan orang yang mau dilatih keterampilan kerja, sehingga ilmu yang di dapat bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Pelatihan keterampilan kerja untuk lima angkatan tersebut, dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK), Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Para peserta, akan mengikuti pelatihan selama satu bulan lebih untuk masing-masing materi pelatihan.

“Sumber dana untuk kegiatan ini, bersumber dari APBN Tahun 2019 dan sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu,” pungkasnya.(*)

Baca: Ketika Pejabat Eselon II, III, dan IV Presentasikan Kerja dan Kinerja dalam Bahasa Aceh

Baca: BJ Habibie Kini Dirawat Intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Ini Riwayat Penyakit Mantan Presiden RI

Baca: Utusan 23 Wilayah di Aceh Berkompetisi dalam Ajang PAI Tingkat Provinsi

Baca: Warga Minta Tiga Kampung Persiapan Didefinitifkan, Begini Respon Bupati Aceh Tamiang Mursil

Baca: Ini Dua Cara Taliban Akhiri Pendudukan AS dan Sekutunya di Afghanistan

Baca: BJ Habibie Kini Dirawat Intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Ini Riwayat Penyakit Mantan Presiden RI

Penulis: Mahyadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved