Berita Aceh Selatan

Mahasiswa Cium Aroma tak Sedap dalam Pengadaan Barang/Jasa di Aceh Selatan

Pengaturan proyek secara sistematis, terstruktur dan masif di Aceh Selatan seakan sudah menjadi menjadi rahasia umum.

Mahasiswa Cium Aroma tak Sedap dalam Pengadaan Barang/Jasa di Aceh Selatan
Hand-over dokumen pribadi
Muhammad Hasbar Kuba, Mahasiswa asal Aceh Selatan 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Mahasiswa asal Aceh Selatan di Banda Aceh mengaku mulai mencium aroma tak sedap dalam proses pengadaan barang/jasa di Aceh Selatan menjelang 1 tahun kemimpinan H Azwir-Tgk Amran (AZAM).

Menurut aktivis Mahasiswa asal Aceh Selatan, Muhammad Hasbar Kuba, adanya dugaan pengaturan proyek secara sistematis, terstruktur dan masif di Aceh Selatan seakan sudah menjadi menjadi rahasia umum.

"Namun, sinyal terkait hilangnya persaingan sehat dalam proses pengadaan barang dan jasa ini masih terus dipantau kebenarannya," ungkap Hasbar. Minggu (15/9/2019).

Sejauh ini, lanjut Hasbar, pihaknya masih terus dipantau apakah pengaturan proyek yang mengarah kepada tindak pidana KKN secara terstruktur, sistematis dan masif ini benar adanya.

Menurutnya, setidaknya ada 3 indikasi pelanggaran serius yang menjadi modus operandi dan mesti dicek lebih dalam oleh pihak penegak hukum dan lembaga yang profesional di bidang pengadaan barang/jasa.

Yang pertama yakni terkait isu bahwa setiap paket pekerjaan di Aceh Selatan yang ditayang pada LPSE kabupaten tersebut sudah duluan ditentukan pemenangnya.

"Kedua, perusahaan yang ingin dimenangkan itu dokumen penawarannya dibuat oleh 'orang dalam'.

Serta yang ketiga, jika perusahaan yang disiapkan 'orang dalam' itu kalah saing, maka tender akan dibatalkan dengan dalih tidak ada penyedia yang lolos evaluasi," ungkapnya.

Persaingan tidak sehat yang sudah membabi buta dan bertentangan dengan prinsip pengadaan barang/jasa yang termaktub dalam pasal 6 Perpres Nomor 16 Tahun 2018 ini pula memurut Hasbar yang diduga menjadi alasan kuat kenapa sangat sedikit pengusaha yang berani ikut dalam tender di Aceh Selatan.

Halaman
12
Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved