Berita Banda Aceh

Petugas Pengamanan Lapas Dilatih Kesadaran Bela Negara di Rindam IM, Ini Materinya

Sekitar 100 orang petugas pengamanan lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti kegiatan bela negara di Dodik...

Petugas Pengamanan Lapas Dilatih Kesadaran Bela Negara di Rindam IM, Ini Materinya
For Serambinews.com
Sekitar 100 orang petugas pengamanan lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti kegiatan bela negara di Dodik Bela Negara Rindam Iskandar Muda (IM), Aceh Besar, Sabtu (14/9/2019). 

Petugas Pengamanan Lapas Dilatih Kesadaran Bela Negara di Rindam IM

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekitar 100 orang petugas pengamanan lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti kegiatan bela negara di Dodik Bela Negara Rindam Iskandar Muda (IM), Aceh Besar, Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Aceh itu berlangsung selama satu hari dan dibuka oleh Dan Rindam Iskandar Muda Kolonel Suharsono.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Meurah Budiman mengatakan bahwa para peserta kegiatan iti berasal dari petugas pengamanan Lapas Banda Aceh, Rutan Banda Aceh, Bapas dan Rupbasan Banda Aceh, petugas Rutan Jantho dan Cabang Rutan Lhoknga, Aceh Besar.

Tujuan kegiatan itu, kata Meurah, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaksanaan tugas pengamanan petugas Lapas, Rutan, Rupbasan dan Bapas Aceh dalam rangka mempercepat revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan.

"Selain itu juga untuk meningkatkan disiplin, etos kerja, mental, karakter serta integritas petugas dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemasyarakatan," ujar dia.

Pemko Subulussalam Diminta Bangun Monumen Pemekaran dan Buat Even 15 Juni, Ini Kata Asmauddin

Jadi Penguasa Grup F Liga 3 PSSI Aceh, Ini Komentar Presiden Galacticos

Masuk ke Dalam Kobaran Api Demi Selamatkan Neneknya, Wanita Muda Ini Ikut Tewas Terbakar

Selanjutnya juga untuk memberikan motivasi dan meningkatkan pengetahuan peraturan baris berbaris bagi petugas pemasyarakatan.

Sementara Wakil Komandan Rindam IM Kol Inf Suhartono menyampaikan bahwa pembentukan karakter adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam mendorong pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai petugas pengamanan.

"Kegiatan ini juga untuk membentuk kedisiplinan yang menumbuhkan jiwa korsa yang mengandung inisiatif, tanggung jawab, loyalitas, dan dedikasi sehingga merasa malu apabila tidak mampu melaksanakan peran dan tugasnya dengan baik," kata dia.

Sedangkan Letkol Inf Ahmat Fauzi selaku penanggung jawab Kurikulum Bela Negara Rindam Iskandar Muda merasa bangga dan senang menjadi bagian dari Kementerian Hukum dan HAM yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan pembinaan karakter dan bela negra.

"Metode pembinaan yang dilakukan adalah praktik lapangan oleh pembina/pelatih dengan materi PBB (Persatuan Baris Berbaris) dalam menunjang kedisiplinan bagi petugas pemasyarakatan," ujar dia.

Sehingga ke depan akan dapat mengendalikan dan menjalin kerja sama yang baik dengan warga binaan, serta memiliki pengetahuan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara.

Hadir pada acara itu, Kadivpas Aceh, Kadivmin, Pjs Dan Dodik Bela Negara Kodam IM, Kepala UPT Pemasyarakatan yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar, pejabat administrator, dan pengawas kantor wilayah.(*)

Hasil Liga Spanyol - Real Madrid Taklukkan Levante, Debut Hazard Tanpa Gol

dr Helmiza Fahry Dilantik sebagai Ketua IDI Kota Langsa

Pabrik Minyak Arab Saudi Aramco Terbakar Setelah Diserang Drone

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved