Harkopnas

Plt Gubernur Aceh Ajak Pelaku Koperasi Manfaatkan Teknologi Majukan Usaha

Di era saat ini, jelas Wildan, pelaku koperasi harus akrab dengan platform online. Misalnya, menggunakan media socsal tempat pelayanan anggota dan bis

Plt Gubernur Aceh Ajak Pelaku Koperasi Manfaatkan Teknologi Majukan Usaha
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Kadis Koperasi dan UKM Aceh, Dr Wildan MPd, didampingi Istri Plt Gubernur Aceh Dyah Erti Idawati, Ketua Dekopinwil Aceh, Dr Mahadi, dan Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib, menyerahkan, piagam penghargaan kepada koperasi berprestasi. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah diwakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh Dr Wildan MPd membuka Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Aceh di Lapangan Puspemkab Aceh Timur, Senin (16/9/2019).

Plt Gubernur Aceh dalam sambutan yang dibacakan Kadis Koperasi dan UKM Dr Wildan Mpd mengatakan saat zaman berada di era revolusi Industri 4.0, yaitu era perubahan yang begitu cepat terjadi.

Teknologi, terutama digital menopang hampir segala lini kehidupan.

Namun saat ini hanya sebagian koperasi di Aceh memamfaatkan kemudahan akses internet (teknologi).

“Karena itu, melalui Harkopnas ini saya mengajak semua insan koperasi menyiapkan diri menghadapi era revolusi industry 4.0. Mari kita mamfaatkan ketersediaan terknologi digital yang ada dalam menjalankan koperasi. Mamfaatkanlah, teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kinerja usaha,” pinta Dr Wildan MPd.

Di era saat ini, jelas Wildan, pelaku koperasi harus akrab dengan platform online. Misalnya, menggunakan media socsal tempat pelayanan anggota dan bisnis, berjualan, dan membuat online store sendiri.

Baca: NGO HAM Ungkap Jenis Senjata Yang Dipakai Pelaku Untuk Menembak Prof Safwan Idris

Baca: Liga 3 PSSI Aceh, Persidi Idi Aceh Timur Juara Grup E, Kalahkan Tuan Rumah PSBL Langsa 1-2

Baca: Begini Persoalan Saat Musim Tanam Padi di Pidie, Waduk Rajui Baru Sebatas Selfie Pengunjung.

“Saya yakin koperasi mampu melakukannya asal memiliki keinginan kuat untuk berubah. Untuk itu, diperlukan kreativitas dan inovasi dalam diri setiap pengurus koperasi,” jelas Wildan.

Dr Wildan mengatakan, koperasi harus memiliki modal dan manajemen yang mantap. Pelayanan terhadap anggota harus senantiasa diperhatikan agar mereka sejahtera.

Koperasi, jelas Wildan harus menjadi mamfaat bagi anggota maupun masyarakat luas.

“Selain wajib memiliki produk unggulan, koperasi juga dituntut melakukan ekspansi usaha. Karena melalui perubahan-perubahan ke arah yang lebih maju saya yakin sisa hasil usaha (SHU) yang dihasilkan lebih optimal,” ungkap Wildan.

Selanjutnya, jika koperasi berkembang dan maju, tenaga kerja akan tertampung, pengangguran berkurang, kemiskinan teratasi, dan pendapatan akan meningkat.

“Sehingga pada ujungnya, cita-cita kita semua menuju Aceh yang sejahtera akan tercapai. Aceh hebat akan tercapai bila koperasinya juga hebat,” jelas Wildan, seraya mengucapkan terimakasih Pemkab Aceh Timur, dan seluruh pemerintah kabupaten/kota lainnya yang telah menyukseskan Harkopnas ke-72.(*)

Penulis: Seni Hendri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved