Pemerintah Siapkan Teknologi untuk Akses Pasar Rakyat

Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai inovasi untuk memajukan ekonomi rakyat, termasuk meningkatkan cara kerja kolaborasi

Pemerintah Siapkan Teknologi untuk Akses Pasar Rakyat
FOTO DISKOMINSA ACEH
Kepala Dinas Kominsa Aceh, Marwan Nusuf, menerima cendera mata dari Encik Mohammad Salmun Bin Mustofa, Penerangan Negeri Pahang (Ketua Delegasi) di meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Rabu (18/9/2019). 

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh terus melakukan berbagai inovasi untuk memajukan ekonomi rakyat, termasuk meningkatkan cara kerja kolaborasi dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk percepatan proses kesejahteraan masyarakat.

"Kolaborasi dengan melibatkan teknologi informasi yang dimiliki pemerintah, seperti menyiapkan web 6.497 gampong dan mendorong terbentuknya kelompok informasi Masyarakat yang bisa dimanfaatkan untuk  mempromosikan dan membuka akses pasar Usaha Kecil menengah (UKM) di Aceh. Upaya itu untuk percepatan kesejahteraan masyarakat," Kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf, mewakili Gubernur Aceh pada jamuan makan malam dengan pegawai Jabatan Penerangan Malaysia dan Komuniti Harapan Malaysia di Meuligoe Gubernur, Rabu (18/9).

Dikatakan, secara khusus Aceh memberikan perhatian besar untuk keberlanjutan ekonomi rakyat melalui pemberdayaan UKM serta Industri Kecil Menengah (IKM). "Bahkan Pemerintah Aceh sudah mengeluarkan imbauan tentang dukungan seluruh instansi untuk pengembangan UKM dan IKM ini," jelasnya.

Dalam hal ini, jelas Marwan Nusuf, Pemerintah Aceh turut memadukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan kegiatan-kegiatan memajukan ekonomi kecil menengah dengan kolaborasi untuk membuka informasi pasar di berbagai sektor. "Ini menjadi penting karena akan membuka kesempatan, seperti halnya UMKM agar mempunyai pasar yang lebih luas," ujarnya.

Marwan menyebutkan, KIM atau kelompok sejenis lainnya adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif, yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam kaitan meningkatkan nilai tambah.

Pada jamuan tersebut turut hadir Encik Mohammad Salmun Bin Mustofa, Penerangan Negeri Pahang (Ketua Delegasi) dan Rombongan, Direktur  Tata Kelola Dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian RI Selamatta Sembiring, Staf Ahli Gubernur  Mahyuzar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Azhari, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Wildan, Kadisbudpar Aceh, Kabid Pengelolaan dan Undangan lainnya.(infokominsa/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved