Breaking News:

Aceh Hebat

Aceh Raih Juara Harapan I Inovasi TTG Nasional di Bengkulu

Aceh berhasil memperlihatkan inovasi teknologi alat produksi minyak nabati multi umpan dengan bahan biji kemiri, biji kacang, biji kelor, dan alpukat

FOR SERAMBINEWS.COM
Aceh berhasil meraih Juara Harapan I pada gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional ke 21 di Bengkulu 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aceh berhasil meraih Juara Harapan I pada gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional ke 21 di Bengkulu.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol (Humpro) Setda Aceh Muhammad Iswanto, berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG), Azhari, Senin (23/9/2019).

Dalam even inovasi teknologi tingkat nasional tersebut, kata Iswanto, Aceh berhasil memperlihatkan inovasi teknologi alat produksi minyak nabati multi umpan dengan bahan biji kemiri, biji kacang, biji kelor, dan alpukat.

Even nasional tersebut diikuti oleh 4 ribu inventor dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Kegiatan itu, kata Iswanto, bertujuan untuk meningkatkan inovasi teknologi perdesaan guna menyongsong era industri 4.0 dengan ragam kegiatan bidang teknologi diantaranya, lomba Inovasi TTG, lomba TTG unggulan, rakornas TTG dan Widya Wisata.

Baca: Akibat Kabut Asap, Aktivitas di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya Terhenti Total

Selain itu, kata Iswanto, gelaran TTG tersebut adalah wadah dan instrumen bagi inovator untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal.

Dalam penilainnya, Kemendes PDTT melakukan rhe-checking langsung ke Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek).

Karo Humpro Setda Aceh menuturkan, sebelumnya Aceh sudah mengikuti tahapan-tahapan proses perlombaan yang mana pada tanggal 16 Agustus pihak inventor Aceh mengajukan 1 karya Inovasi teknologi untuk diikut lombakan pada gelar TTG ke 21 di Bengkulu.

Selanjutnya, tim dari Kemendes PDTT melakukan peninjauan dan penilaian ke Posyantek di Aceh (yang melakukan pengajuan), dan Aceh berhasil masuk dalam 6 besar.

Setelah itu, peserta inventor dari Aceh melakukan presentasi di Jakarta pada tanggal 2 September sehingga membawa Aceh meraih juara harapan 1 tingkat nasional.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Hadi
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved