Berita Aceh Barat Daya

Gawat! Ada Pupuk Phonska Diduga Palsu Beredar di Abdya, Ini Imbauan Distributor

Verry Gunawan selaku Perwakilan PT Meuligoe Raya di Kabupaten Abdya saat membenarkan adanya pupuk phonska yang mirip dengan mereka salurkan

Gawat!  Ada Pupuk Phonska Diduga Palsu Beredar di Abdya, Ini Imbauan Distributor
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Perbedaan pupuk phonska bersubsidi asli dan palsu. 

Verry Gunawan selaku Perwakilan PT Meuligoe Raya di Kabupaten Abdya saat membenarkan adanya pupuk phonska yang mirip dengan mereka salurkan.

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Puluhan ton pupuk phonska 'palsu' dikabarkan beredar di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kabarnya pupuk phonska palsu itu, beredar di Abdya, sejak beberapa tahun lalu, ke sejumlah kios yang ada di sembilan kecamatan.

Kebanyakan pupuk phonska itu dibeli oleh para keuchik, mengingat harganya tak jauh beda dengan pupuk phonska bersubsidi.

Terlebih, pada karung pupuk palsu itu dilebelkan pupuk non subsidi, sehingga bisa dibeli menggunakan dana desa.

Baca: Insiden Maut di Simpang Ulim, Dua Orang Meninggal Dunia

Jika dilihat sekilas pada bagian depan karung pupuk phonska palsu itu, nyaris sama, dengan pupuk phonska bersubsidi yang diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik tak lain anak perusahaan PT Pupuk Indonesia.

Baca: Tabrak Beruntun 3 Kendaraan di Peudada Bireuen, Dua Korban Luka Ringan, Begini Kronologisnya

Namun, yang membedakan pupuk phonska palsu dengan asli, ada gambar kerbau di bagian tengah karung untuk pupuk palsu, sementara yang asli tidak ada gambar tersebut.

Selain itu, di depan karung palsu, tertulis nama perusahan yang memproduksi adalah sebuah CV CA (disingkat/inisial).

Baca: Warga Temukan Harta Karun Emas di Lokasi Kebakaran Hutan, Diduga Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Sementara phonska yang asli, tertera PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Petrokimia Gresik yang selaku pupuk resmi yang tak lain milik pemerintah.

Namun, tidak diketahui pasti, apakah pupuk yang kabarnya di produksi di sumatera utara itu, memiliki kualitas dan reaksi yang sama dengan pupuk phonska yang diproduksi oleh Pupuk Indonesia.

Verry Gunawan selaku Perwakilan PT Meuligoe Raya di Kabupaten Abdya saat dikonfirmasi membenarkan adanya pupuk phonska yang mirip dengan mereka salurkan.

"Iya benar, saya tidak berani katakan itu pupuk palsu. Tapi, yang pasti itu bukanlah pupuk yang diproduksi PT Petrokimia Gresik atau Pupuk Indonesia selaku perusahan resmi di Indonesia," ujar Verry Gunawan selaku Perwakilan PT Meuligoe Raya.

Verry membenarkan, jika dilihat sekilas tidak ada perbedaan terhadap dua pupuk tersebut. Namun, jika dilihat secara teliti, bahwa ada perbedaan terhadap pupuk tersebut, salah satu yang nampak, gambar kerbau dan nama perusahan yang memproduksi pupuk tersebut.

"Kami menghimbau kepaa petani agar hati-hati, dan jika ingin membeli pupuk phonska yang diproduksi oleh Pupuk Indonesia, maka belilah di toko-toko pupuk resmi, sehingga kualitas pupuk lebih terjamin" pintanya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Nur Nihayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved