Berita luar negeri

Jatuh dari Air Terjun, 11 Ekor Gajah Liar Ditemukan Mati

pada Selasa (8/10/2019), kembali ditemukan lima jasad gajah liar lainnya, sehingga total ada 11 ekor gajah liar yang mati

Jatuh dari Air Terjun, 11 Ekor Gajah Liar Ditemukan Mati
(AFP / PANUPONG CHANGCHAI)
Satu dari dua ekor gajah yang dipastikan selamat setelah menyeberangi tebing air terjun di Taman Nasional Khao Yai, Thailand. 

SERAMBINEWS.COM - Total sebanyak 11 ekor gajah liar ditemukan mati di dasar tebing air terjun di Thailand, termasuk tiga ekor yang masih kecil.

Insiden jatuhnya gajah dari puncak air terjun itu terjadi di kawasan konservasi satwa liar di Taman Nasional Khao Yai, Thailand.

Kecelakaan itu pertama kali diketahui pada Sabtu (5/10/2019) lalu, dengan enam ekor gajah yang ditemukan sudah mati di dasar air terjun.

Baca: Tiba di Aceh Timur, Begini Kisah Keluarga Jecky Selamat dari Kerusuhan di Wamena

Namun melalui upaya pengamatan menggunakan perangkat drone, pada Selasa (8/10/2019), kembali ditemukan lima jasad gajah liar lainnya, sehingga total ada 11 ekor gajah liar yang mati.

Hanya dua ekor gajah yang berhasil diselamatkan dari kawanan yang sempat terjebak di tebing jurang air terjun Haew Narok, yang memiliki ketinggian 200 meter, di taman nasional pegunungan timur laut Thailand tersebut.

Insiden ini mengingatkan kembali kejadian serupa, juga di taman nasional yang sama pada 1992, yang menewaskan delapan ekor gajah liar.

"Gajah-gajah itu diduga sedang mencoba menyeberangi sungai di puncak tebing.

Baca: 155 Pesilat Bertarung dalam Kejurda di Lhokseumawe

Namun arus air yang terlalu kuat menyapu mereka hingga ke tepi air terjun," kata pejabat dari Departemen Taman Nasional, Margasatwa, dan Konservasi Tumbuhan, dalam pernyataannya, dikutip Reuters.

Petugas margasatwa mengirimkan drone ke kawasan tersebut untuk melakukan penyelidikan lantaran medan yang terlalu berat untuk didaki secara langsung.

"Kami menerbangkan drone pada ketinggian 15 meter di atas tanah karena kami tidak bisa berjalan untuk mengonfirmasi kematian gajah-gajah tersebut," kata gubernur provinsi Nakhorn Nayok, Nattapong Sirichanam, kepada wartawan.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved