Wanita Inspiratif

Mariani Harahap, Dari Parengge-rengge Menjelma Jadi Pengusaha dan Kini First Lady Kota Subulussalam

Ny Hajjah Mariani Harahap, SE begitu nama lengkap wanita kelahiran Medan, 10 Agustus 1973 ini. Mariani Harahap merupakan anak kelima pasangan...

Mariani Harahap, Dari Parengge-rengge Menjelma Jadi Pengusaha dan Kini First Lady Kota Subulussalam
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Hj Mariani Harahap, Istri Wali Kota Subulussalam. 

Mariani Harahap, Dari Parengge-rengge Menjelma Jadi Pengusaha dan Kini First Lady Subulussalam

 

Laporan Khalidin I Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM – Ny Hajjah Mariani Harahap, SE begitu nama lengkap wanita kelahiran Medan, 10 Agustus 1973 ini.  Mariani Harahap merupakan anak kelima pasangan almarhum Mangaraja Sukandar Haharap dengan Hj Siti Gabena Dalimunthe.

Namanya cukup masyhur di kalangan masyarakat Kota Subulussalam bukan hanya sekarang tapi sejak era 2000-an. Ini karena sosok Mariani Haharap sebagai pengusaha yang banyak membantu pedagang dan ekonomi masyarakat Kota Sada Kata itu.

 Yah, Mariani Harahap, sekarang memang salah satu pengusaha sukses mulai sembako hingga supplier Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Selain ulung dalam dunia bisnis, wanita delapan bersaudara ini juga piawai di dunia politik.

Buktinya, istri H Affan Alfian Bintang ini selama dua periode berhasil menjadi anggota DPRK Subulussalam bahkan lima tahun terakhir sebagai unsur pimpinan. Bahkan, kini dia adalah first lady Kota Sada Kata setelah sang suami H Affan Alfian Bintang terpilih menjadi Wali Kota Subulussalam periode 2019-2024.

Kapolres Aceh Selatan Silaturahmi dengan Pengurus PWI, Nyatakan Siap Dukung Konfercab ke II

Baru Empat Partai Tetapkan Ketua Fraksi di DPRA, Batas Akhir 11 Oktober 2019

Sopir Truk Kejar dan Tabrak Mobil Kawanan Perampok, Polisi Beri Apresiasi, Begini Kronologinya

Beragam nikmat yang sudah dikecap dan dirasakan Mariani Harahap bersama keluarga tidak terlepas dari usaha tertatih-tatih yang dibangun puluhan tahun silam. Benar, semua yang diraih keluarga Mariani Harahap saat ini bukan hadiah yang jatuh begitu saja tapi berkat usaha, ketabahan dan doa.

Betapa tidak, jauh sebelum menjadi pengusaha sembako terbesar, Mariani sebenarnya adalah ‘Parengge-rengge’ dalam istilah bahasa Tapanuli atau Batak Toba yang artinya pedagang pasar tradisional.

”Dulu kami pedagang pasar, kalau istilah Tapanuli atau toba Parengge-rengge,” berjualan dari pasar ke pasar,” kata Mariani Harahap saat diwawancarai Serambinews.com, Sabtu (5/10/2019) di salah satu ruang Pendapa Wali Kota Subulussalam.

Halaman
1234
Penulis: Khalidin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved