Berita Politik

Baru Empat Partai Tetapkan Ketua Fraksi di DPRA, Batas Akhir 11 Oktober 2019

Beberapa partai politik (parpol) saat ini mulai menyusun struktur fraksi di DPRA dari masing-masing partai.

Baru Empat Partai Tetapkan Ketua Fraksi di DPRA, Batas Akhir 11 Oktober 2019
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
SERAHKAN PALU - Ketua DPRA periode 2014-2019, M Sulaiman (kiri) menyerahkan palu kepada H Dahlan Jamaluddin SIP (kanan) sebagai Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) periode 2019-2024 usai pelantikan anggota DPRA hasil pemilu 17 April 2019 di ruang Paripurna DPRA, Banda Aceh, Senin (30/9/2019). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Beberapa partai politik (parpol) saat ini mulai menyusun struktur fraksi di DPRA dari masing-masing partai.

Sejauh ini baru empat partai yang meraih fraksi utuh yang sudah menetapkan ketua fraksinya yaitu Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Sementara batas akhir pengajuan struktur fraksi ke DPRA paling telat 11 Oktober mendatang. Setelah semua struktur fraksi terkumpul, selanjutnya akan diparipurnakan pada Senin 14 Oktober 2019.

Dari informasi yang dihimpun Serambinews.com, Rabu (9/10/2019), Partai Gerindra menetapkan Abdurrahman Ahmad sebagai ketua fraksinya, PPP menetapkan Ihsanuddin MZ sebagai ketua fraksinya, PAN menetapkan Muchlis Zulkifli sebagai ketua fraksinya, dan PKS menetapkan Zaenal Abidin sebagai ketua fraksinya.

“Ketua Fraksi PKS di DPRA kita tetapkan Zaenal Abidin. Itu keputusan DPW PKS Aceh dan persetujuan DPP PKS. Surat resminya sudah kita sampaikan ke DPR Aceh,” kata Ketua DPW PKS Aceh, Ghufran Zainal Abidin menjawab Serambinews.com.

Baca: Sikap Resmi, Fraksi PDI-P Tolak Jika Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Baca: Catat! Ini Batas Akhir Penyerahan Susunan Fraksi ke DPRA

Baca: Panitia Festival Rapi Internasional Tinjau Persiapan Lapangan, Even Dalam Rangka HUT Ke-20 Bireuen

Sementara partai yang meraih fraksi utuh dan gabungan yang belum menetapkan ketua fraksinya seperti Partai Aceh, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Fraksi PKB-PDA.

Menurut informasi, Partai Aceh akan menyampaikan nama ketua fraksinya dalam paripurna penetapan fraksi-fraksi di DPRA pada 14 Oktober mendatang.

Fraksi Demokrat, menurut Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Aceh, Dalimi, masih menunggu putusan dari DPP.

Sedangkan Fraksi Golkar dan PNA belum membuat rapat pleno di internal partai untuk menetapkan ketua fraksi.

“Saya masih di Jakarta. Insyaallah Sabtu kami buat rapat,” kata Ketua Umum PNA, Samsul Bahri alias Tiyong.

Sementara Fraksi Gabungan PKB-PDA akan menyampaikan nama ketua fraksinya pada Kamis (10/10/2019) malam, sekaligus dengan penandatangan kesepakatan bersama kedua partai itu. 

“Malam besok kami sampaikan dalam konferensi pers di Taufik Kupi, Lambaro, Aceh Besar,” kata Sekretaris DPW PKB Aceh, Amrizal. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved