Kerja Sama Bisnis

Indonesia dan Turki Perkuat Upaya Kerja Sama Bisnis

Pengusaha Turki kian memandang Indonesia sebagai mitra bisnis yang potensial serta terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan pengusaha Indonesia.

Indonesia dan Turki Perkuat Upaya Kerja Sama Bisnis
Anton Raharjo-Anadolu Agency
Pertemuan bisnis antara para pengusaha berorientasi ekspor dari Turki dan Indonesia, di Jakarta, pada 14 Oktober 2019. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pengusaha Turki kian memandang Indonesia sebagai mitra bisnis yang potensial serta terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan para pengusaha Indonesia.

Anggota Dewan Eksekutif Turkiye Ihracatcilar Meclisi atau Majelis Ekspor Turki Basaran Bayrak mengatakan para pengusaha Turki, khususnya yang berasal dari kota Konya, datang ke Jakarta untuk menyelenggarakan pertemuan Business to Business (B2B) dengan calon mitra bisnis pada Senin hingga Rabu mendatang.

Pertemuan tersebut atas inisiasi Mustakil Sanayi ve Isadamlari Dernegi (MUSIAD) atau Asosiasi Pengusaha dan Industrialis Independen Turki cabang Konya bersama dengan MUSIAD Indonesia.

“Kita datang untuk membuat hubungan bisnis yang baik dengan pengusaha Indonesia dan kita berharap acara ini berjalan sukses,” jelas Basaran kepada Anadolu Agency di Jakarta, Senin.

Berdasarkan pantauan Anadolu Agency, beberapa pengusaha lokal Indonesia berdatangan ke acara tersebut untuk melakukan pembicaraan bisnis dan membahas peluang kerja sama dengan para pengusaha asal Konya, Turki.

Beberapa perusahaan Turki yang mengikuti pertemuan tersebut juga akan berkunjung ke perusahaan Indonesia yang menjadi calon mitra bisnisnya pada Selasa dan Rabu mendatang sebagai rangkaian acara B2B tersebut.

“Kita sudah ada janji untuk berkunjung dan saya pikir ini akan bermanfaat untuk perusahaan kedua negara,” lanjut Basaran.

Dia kembali menegaskan bahwa Indonesia adalah destinasi yang penting bagi para pengusaha Turki untuk meningkatkan hubungan bisnisnya.

Basaran juga mengatakan saat ini volume perdagangan Indonesia-Turki masih belum menggembirakan bagi kedua pihak, sehingga masih perlu untuk ditingkatkan karena kedua negara memiliki kedekatan secara kultur dan agama.

Berdasarkan data dari Kementerian Pedagangan Indonesia, sejak Januari hingga Agustus tahun ini total perdagangan kedua negara baru sebesar USD1,02 miliar dengan komposisi ekspor Indonesia ke Turki sebesar USD794,1 juta sementara ekspor Turki ke Indonesia sebesar USD231,7 juta.

Total perdagangan ini lebih rendah dari perdagangan Januari-Agustus 2018 yang mencapai USD1,24 miliar dengan komposisi ekspor Indonesia USD888,2 juta, sementara ekspor Turki USD361,1 juta.(AnadoluAgency)

BREAKING NEWS - Tabrak Truk setelah Gagal Mendahului, Dua Korban Meninggal di Lokasi Kejadian

Marshanda Depresia Usia 17 Tahun, Dibawa Rukyah, Rutin ke Psikiater Hingga Bangkit Lagi

Kronologi Nasir Bongkar Makam Sang Ibu, Jasadnya Dibawa ke Rumah Pakai Karung

Satu Korban Kecelakaan Mobil Pengantar Pengantin Harus Dioperasi Lagi di RSUD Cut Meutia Aceh Utara

Polri: Teroris Siapkan Pengantin Bom Bunuh Diri di Kampung Halaman Jokowi di Solo saat Pelantikan

Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved