Berita Abdya

Fraksi Abdya Sejahtera akan Kuasai Seluruh Jabatan Ketua AKD DPRK Abdya, Ini Penyebabnya

Sebab Fraksi Abdya Sejahtera bisa mengusulkan lebih banyak anggotanya untuk menempati jabatan ketua.

Fraksi Abdya Sejahtera akan Kuasai Seluruh Jabatan Ketua AKD DPRK Abdya, Ini Penyebabnya
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli, didampingi Wakil Ketua I DPRK, Romi Syah Putra, menyerahkan palu pimpinan Kepada Ketua Sementara DPRK, Nurdianto, didampingi Wakil Ketua Sementara DPRK, Syarifuddin dalam Rapat Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRK Abdya Masa Jabatan 2019-2024 di Gedung Dewanm setempat, Senin (9/9/2019). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Meskipun belum diumumkan secara resmi karena menunggu paripurna penetapan Pimpinan DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) definitif,  pembentukan dua fraksi di lembaga dewan itu dilaporkan sudah final.

Dua fraksi yang telah dibentuk adalah Fraksi Abdya Hebat, beranggotakan 8 orang/kursi dari gabungan tiga parpol, yaitu Demokrat (3 kursi) Partai Nasdem (3 kursi) dan  PKB (2 kursi).

Fraksi Abdya Sejatera, beranggotakan 17 orang/kursi, gabungan dari delapan parpol. Terdiri  atas PNA (3 kursi), PA (3 kursi) PAN (3 kursi), Golkar (3 kursi), Gerindra (2 kursi),  Hanura (1 kursi), PKS (1 kursi), dan PPP (1 kursi).  

Pantuan Serambinews.com sampai Jumat (18/10/2019) karena jumlah anggota Fraksi Abdya Sejahtera mencapai 17 orang/kursi, maka akan menguasai seluruh jabatan ketua dari AKD (Alat Kelangkapan Dewan) yaitu, Ketua  Komisi A,B,C dan D, Ketua Badan Legeslasi (Banleg) dan Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD).

Sebab Fraksi Abdya Sejahtera bisa mengusulkan lebih banyak anggotanya untuk menempati jabatan ketua.

Sedangkan Fraksi Abdya Hebat dengan 8 orang/kursi akan menempati jabatan wakil ketua dan beberaap jabatan sekretaris dari AKD.     

Kabar yang beredar, Komisi A akan diduduki Sardiman alias Teungku Panyang dari Partai Aceh, Ketua Komisi B menurut keterangan  akan tempati H Munir Ubit dari Partai Golkar.

Ketua Komisi C disebut-sebut akan diduduki Teuku Cut Rahman dari PNA, dan Ketua Komisi D akan ditempati Ikhsan dari PAN.

Bukan itu saja, Fraksi Abdya Sejahtera juga akan mengirim Yulizar dari Gerindra untuk menduduki Ketua Badan Legislasi (Banleg), dan  Justar YS dari Golkar untuk Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) 

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved