Berita Aceh Barat

Akibat Belum Ada Irigasi, Petani Aceh Barat Masih Tergantung Pada Tadah Hujan

kedepan kita berharap pembangunan irigasi Lhok Guci bisa selesai dalam waktu cepat guna kepentingan ribuan petani di Aceh Barat

Akibat Belum Ada Irigasi, Petani Aceh Barat Masih Tergantung Pada Tadah Hujan
SERAMBI/SA’DUL BAHRI
Safrizal, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Barat 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Secara keseluruhan masyarakat petani di Kabupaten Aceh Barat hingga saat ini masih menggunakan tadah hujan untuk bercocok tanam di wilayah itu. 

Faktor tersebut menyebabkan upaya tanam serentak belum bisa dilakukan, karena hingga saat ini belum adanya irigasi.

Sedangkan pembangunan irigasi Lhok Guci raksasa saat ini masih dalam pengerjaan pembangunan yang dilakukan secara bertahap.

"Ketergantungan pada tadah hujan untuk bercocok tanam akibat tidak adanya irigasi. Dan kedepan kita berharap pembangunan irigasi Lhok Guci bisa selesai dalam waktu cepat guna kepentingan ribuan petani di Aceh Barat nantinya," jelas Kadis Pertanian dan Peternakan Aceh Barat Safrizal kepada Serambinews.com, Selasa (22/10/2019).

Respon Keluhan Soal Kondisi Pasar, Bupati Ramli MS Datangi Pedagang di Meulaboh

Ia menambahkan, pembangunan irigasi yang sedang dilakukan saat ini masih menunggu proses lama.

Namun sebelumnya sejak awal dahulu masyarakat Kabupaten Aceh Barat hingga saat ini masih ketergantungan pada tadah hujan setiap kali hendak melakukan cocok tanam.

Ia berharap kepada pihak terkait yang menangani pembangunan irigasi Lhok Guci itu, hendaknya dapat percepat pembangunannya.

Sehingga masyarakat di Kabupaten Aceh Barat bisa melakukan tanam serentak, dan mencukupinya kebutuhan air di persawahan pada sejumlah kecamatan.

MRI-ACT dan Komunitas di Pijay Santuni Anak Kurang Mampu, Pernah Juara Tartil Quran Tingkat Provinsi

Disebutkan dengan terlaksananya tanam serentak tentu gangguan hama semakin mengecil, seperti hama burung dan hama lainnya.

Selain itu tercapainya target tanam dan meningkatnya hasil penen. Namun jika masih tergantung pada tadah hujan tentu kapan musim hujan datang, maka waktu itulah mulai dilakukan cocok tanam.

“Kita saat ini sangat berharap irigasi raksasa akan menjadi harapan para petani ke depan, yang mampu mengaliri air ke sejumlah kecamatan dalam skal besar di Aceh Barat, namun kapan irigasi itu siap kita belum mengetahuinya,” ungkap Safrizal.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved