Bantuan Sosial

Pemkab Abdya Cairkan Santuan Kematian untuk 243 Ahli Waris, Ini Jumlah yang Diterima

Santunan kematian itu sempat tertunggak, karena sistem pembayaran yang dilakukan harus menumpuk, sehingga alokasi anggaran santunan kematian tahun 20

Pemkab Abdya Cairkan Santuan Kematian untuk 243 Ahli Waris, Ini Jumlah yang Diterima
For Serambinews.com
Perangkat Desa Blang Kecamatan Matangkuli Aceh Utara bersama ulama dan tokoh masyarakat mengikuti pembahasan dan pengesehatan qanun gampong.         

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Pemkab Aceh Barat Daya mulai mencairkan bantuan sosial santunan kematian yang sempat tertunggak sejak Januari hingga Desember 2018.

Untuk pembayaran bansos kepada 243 orang ahli waris itu, Pemkab Abdya telah memplotkan anggaran Rp 844,5 juta.

Sekda Abdya, Drs Thamrin melalui Kabag Keistimewaan, Kesra dan Ekonomi Setdakab Abdya, Nur Afni Muliana SPd mengatakan, bahwa santunan yang dikenal 'bantuan kasih sayang’ untuk 243 orang ahli waris, yang sempat tertunggak satu tahun itu, sudah mulai dicairkan.

Sore Nanti Musda KNPI Lhokseumawe, Penetapan Ketua Bisa Dipastikan Aklamasi, Ini Sebabnya

Penerimaan CPNS 2019 Segera Dibuka, Ini 7 Tahap Cara Daftar Online SSCASN

Kembali ke Tanah Papua, Jelang Babak 8 Besar Liga 2

"Alhamdulillah, santunan kematian 2018 sudah mulai dicairkan," ujar Kabag Keistimewaan, Kesra dan Ekonomi Setdakab Abdya, Nur Afni Muliana SPd kepada Serambinews.com, Selasa (22/10/2019).

Ia menyebutkan, bahwa santunan kematian itu sempat tertunggak, karena sistem pembayaran yang dilakukan harus menumpuk, sehingga alokasi anggaran santunan kematian tahun 2018 tidak cukup.

Hafni menghimbau kepada ahli waris yang pernah mengusulkan bansos 2018, segera datang ke kesra kantor bupati untuk menandatangani kwitansi pembayaran, surat fakta integritas, dan surat penerima bantuan sosial.

"Masyarakat cukup datang saja, kwitansi dan surat menyurat lainnya sudah kita sediakan di bagian Kesra," sebutnya.

Ia menerangkan, anggaran Rp 844,5 juta itu dibagikan kepada 243 orang ahli waris dengan yang nominal berkisar antara Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta per orang, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Abdya.

"Jadi, bansos ini ada empat kategori, untuk kepala keluarga (suami) meninggal dunia Rp 5 juta, istri yang meninggal dunia ahli waris menerima Rp 4 juta, lansia yang meninggal ahli waris menerima santuan Rp 3 juta, dan anak Rp 2,5 juta," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved