Aceh Hebat

Pimpin Upacara Hari Santri, Nova Berharap Dayah/Pesantren Perkuat Pelaksanaan Syariat Islam

Dayah atau pesantren diharapkan mampu menjaga khazanah kearifan lokal sekaligus memperkuat pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

Pimpin Upacara Hari Santri, Nova Berharap Dayah/Pesantren Perkuat Pelaksanaan Syariat Islam
HUMAS PEMERINTAH ACEH
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memberikan keterangan pers setelah menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Santri ke-5 Tahun 2019 di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis (24/10/2019). 

Pimpin Upacara Hari Santri, Nova Berharap Dayah/Pesantren Perkuat Pelaksanaan Syariat Islam

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengingatkan tantangan berat terkait upaya pelaksanaan syariat Islam di Aceh di tengah perkembangan zaman yang bergerak sangat progresif dan melahirkan banyak permasalahan.

Karena ini, dayah atau pesantren diharapkan mampu menjaga khazanah kearifan lokal sekaligus memperkuat pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

“Paham liberalisme, materalisme, dan hedonisme tak terasa telah memasuki ruang dan rumah kita. Di tengah zaman yang semakin pragmatis ini, maka dayah/pesantren menjadi ruang yang sangat kondusif untuk menjaga khazanah kearifan lokal sekaligus memperkuat pelaksanaan Syariat Islam di Aceh,” kata Nova.

Pernyataan itu disampaikan dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Santri ke-5 Tahun 2019 di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh, Kamis (24/10/2019).

Selain itu, Nova menyebutkan bahwa Santri adalah bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan-gerakan kebangsaan dan terlibat aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Sesuai Ikrar santri yang dibacakan tadi, kita tentu mengakui bahwa santri adalah bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan-gerakan kebangsaan. Santri terlibat aktif dalam memperjuangkan berdirinya republik ini. Banyak santri pejuang kita yang gugur sebagai syuhada. Oleh karenanya mari kita apresiasi dan syukuri UU Pesantren dan penetapan Hari Santri ini,” ujar Nova.

Pakai Sarung dan Peci saat Ikut Upacara Hari Santri, Ini yang Disampaikan Ketua PWNU Aceh

Video - Peringatan Hari Santri di Nagan Raya, Juara MTQ Dapat Bonus

Santri dan KNPI Aceh Timur Kumpulkan Darah 29 Kantong

Menurut Nova, disahkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren telah menjustifikasikan eksistensi dayah/pesantren sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pendidikan nasional.

Dalam konteks Aceh, Nova juga mengingatkan peran penting para ulama Dayah dalam pembahasan-pembahasan perdamaian Aceh.

“Para Abu dan Tengku Dayah sangat aktif terlibat dalam upaya perdamaian Aceh. Alhamdulillah, berkat keterlibatan para ulama Dayah, akhirnya perdamaian pun tercipta di Aceh dan kini kita dapat hidup dengan aman dan damai," katanya.

Halaman
1234
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved