Berita Bireuen

Cegah Pejabat Terjerat Hukum, Pemkab Bireuen Teken Kerjasama dengan Kejari

Kerjasama antara Pemkab dengan Kejari Bireuen ini tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Cegah Pejabat Terjerat Hukum, Pemkab Bireuen Teken Kerjasama dengan Kejari
Serambinews.com
Pemerintah Kabupaten Bireuen menandatangani kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bireuen, di Oproom Kantor Bupati setempat, Kamis (7/11/2019) sore. 

Laporan Ferizal Hasan | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Pemerintah Kabupaten Bireuen menandatangani kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bireuen, di Oproom Kantor Bupati setempat, Kamis (7/11/2019) sore.

Tanda tangan kerjasama tersebut yaitu tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Bireuen H Saifannur, Kajari Bireuen Muhammad Junaedi SH MH, dan Sekda Bireuen Ir Zulkifli Sp.

Selain itu, penandatangan kerjasama tersebut turut disaksikan para Asisten dan para Kepala Dinas Badan dan Kantor atau Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), para camat dari 17 kecamatan serta para kepala seksi (kasie) di Kejaksaan Negeri Bireuen. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Saifannur menegaskan kepada seluruh pejabat di Bireuen, untuk selalu bekerja sesuai dengan aturan. "Jangan sampai kita suatu saat terjebak dengan hukum," tegasnya.

Tegasnya, para kepala SKPK jangan terjebak dengan hal-hal yang tidak jelas, makanya kita harus mempelajari masalah hukum dan jangan bertindak secara sendiri-sendiri.

"Gunakanlah tenaga kejaksaan sebagai petunjuk hukum, karena kejaksaanlah yang mengetahui masalah hukum, sehingga kedepan kita tidak bermasalah dengan hukum," kata Saifannur.

Kejaksaan bisa menjadi konsultan hukum bagi kita, semua SKPK atau kepala dinas badan dan kantor, harus siap menerima kunsultan hukum dari pihak kejaksaan. 

"Kita jangan hanya butuh konsultan hukum saat dipanggil oleh kejaksaan. Masing-masing SKPK bisa menghubungi pihak kejaksaan, saling koordinasi dan konsultasi masalah hukum," jelas Saifannur.

Sementara itu, Kajari Bireuen, Muhammad Junaedi SH MH mengatakan, sinergiritas yang paling utama antara kejaksaan dan pemkab. Terutama terkait masalah hukum perdata dan tata usaha negara.

Kata Kajari, jika ada permasalahan-permasalahan hukum dapat dibahas bersama. Namun Kajari meminta adanya keterbukaan informasi dalam pelaksanaan tugas-tugas di jajaran Pemkab Bireuen.

"Penindakan hukum sekarang ini bukan hanya bertumpu pada penegakan, tapi sekarang ini lebih kepada pencegahan," terang Kajari.(*)

VIRAL Dituding Curi Konten Channel Luar Negeri, YouTuber Calon Sarjana Angkat Bicara

Eyang Subur Ikutan Jadi YouTuber, Unggah Video Musik

Sempat Tulis soal Perselingkuhan, Suami KD Kini Tulis: Sepandai Tupai Melompat Jatuh Juga

Tak Hanya Buahnya, Daun Mangga Ternyata Juga Bermanfaat Bagi Kesehata: Bisa Kendalikan Diabetes

 

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved