DPRK Aceh Selatan

Fraksi Indonesia Merdeka Ancam Gugat Pimpinan DPRK Aceh Selatan

Fraksi Indonesia Merdeka yang merupakan gabungan Partai Nasdem, PKPI, dan Golkar akan menggugat Pimpinan DPRK Aceh Selatan.

Fraksi Indonesia Merdeka Ancam Gugat Pimpinan DPRK Aceh Selatan
Hand-over dokumen pribadi
anggota DPRK Aceh Selatan, Zamzami ST 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Fraksi Indonesia Merdeka yang merupakan gabungan Partai Nasdem, PKPI, dan Golkar akan menggugat Pimpinan DPRK Aceh Selatan atas dasar telah menggugurkan Fraksi Indonesia Merdeka.

"Pimpinan DPRK Aceh Selatan menggurkan Fraksi Indonesia Merdeka. Padahal dalam PP No 12 tahun 2018 dinyatakan untuk pembentukan fraksi tersebut tergantung jumlah Komisi dan Fraksi Merdeka Indonesia sudah layak untuk pembentukan fraksi," kata anggota DPRK Aceh Selatan, Zamzami ST kepada Serambinews.com, Kamis (7/11/2019) sore.

Menurutnya, mengenai jumlah kursi yang tergabung dalam Fraksi Indonesia Merdeka sudah layak untuk jadikan Fraksi, dimana jumlah kursi partai yang tergabung dalam fraksi tersebut seluruhnya enam kursi dengan rincian Partai Nasdem 3 kursi dan PKPI 2 kursi serta Golkar 1 kursi.

"Maka jika kita tinjau dalam PP No 12 tahun 2018 sudah layak untuk jadikan Fraksi karena Nasdem dan PKPI merupakan Partai Pemenang Pemilu di Kabupaten Aceh Selatan disamping peringkat 4 dan 5 dalam pembentukan Fraksi tidak tertera secara voting karena Fraksi merupakan perpanjangan Partai," kata Ketua DPK PKPI Aceh Selatan ini.

Zamzami juga meminta Pimpinan dewan untuk tidak menyamakan sengan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) )ainnya, sebab menurut Zamzami seharusnya pembentukan Fraksi itu ada negosiator antara Ketua Partai dengan Partai lain.

"Maka menurut kami pembentukan Fraksi tersebut cacat demi hukum, karena jika sudah tidak ada alternatif lain, maka harus duduk kembali dan disepakati seluruh anggota dewan terpilih dalam hal pembentukan fraksi, bukan dengan cara memaksa kehendak, dan sehingga merugikan orang lain," paparnya.

Ditambahkan Zamzami, menurut kuasa hukum pihaknya, atas digugurkannya Fraksi Indonesia Merdeka dan pengumuman fraksi yang telah diucapkan selain Fraksi penuh itu batal demi hukum. "Karenanya kami akan tempuh jalur hukum," pungkas Zamzami.(*)

Angin Puting Beliung Terbangkan Atap Bagunan AMP di Bener Meriah, Begini Kronologisnya

Surono Dikubur di Bawah Mushala Rumah, Anak dan Istri Jadi Tersangka, Polisi Temukan Linggis

Hasil Lengkap Fuzhou China Open 2019 - 4 Wakil Indonesia Melangkah ke Perempat Final

Bayi Ini Tersiksa Kulitnya Keras Seperti Plastik dan Mengelupas hingga Berdarah, Ini Penyebabnya

Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved