Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Satu Unit Rumah Warga di Kluet Timur Terpaksa Dibongkar, Ini Penyebabnya

Abrasi sungai Mokap di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan semangkin mengganas. Akibatnya satu unit rumah warga di Dusun Tapak Aulia....

SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Abrasi sungai Mokap di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan semangkin mengganas. Akibatnya satu unit rumah warga di Dusun Tapak Aulia, Gampong Lawe Cimanok, terpaksa dibongkar, Jumat (6/12/2019). 

Satu Unit Rumah Warga di Kluet Timur Terpaksa Dibongkar, Ini Penyebabnya

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Abrasi sungai Mokap di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan semangkin mengganas.

Akibatnya satu unit rumah warga di Dusun Tapak Aulia, Gampong Lawe Cimanok, Jumat (6/12/2019) terpaksa dibongkar.

Pembongkaran tersebut dilakukan warga bersama-sama anggota Koramil 13/Kluet Timur dan anggota Polsek guna menghin dari jatuhnya korban.

Informasi yang diterima Serambinews.com, abrasi yang disebabkan ganasnya sungai Mokap tersebut selain mengancam gedung Sekolah Dasar (SD) Tapak Aulia juga mengancam empat unit rumah warga dan Polindes di Dusun itu.

Camat Kluet Timur, Muriadi S yang dikonfirmasi Serambinews.com, Jumat (6/12/2019) malam, kondisi abrasi di sepanjang Mokap ini sudah mengancam rumah dan pemukiman penduduk. Jika tidak segera ditangani, maka rumah warga lainya berikut SD Tapak Aulia akan amblas ke sungai.

ABK Victoria Terapung Dua Jam, Sebelum Diselamatkan oleh KM Sanora Star

Truk Colt Diesel Terperosok di Jalan Rusak di Bireuen, Begini Kondisi Jalannya

Dua Tahun Gempa Pijay, 5.295 KK Korban Gempa Tempati Rumah Bantuan, Ini Penjelasan Said Mulyadi

"Tadi dibongkar satu unit, namun ada empat unit rumah warga lainnya yang kondisinya juga terancam. Warga yang rumahnya sudah dibongkar tersebut untuk sementara kita ungsikan di rumah camat," kata Muriadi.

Camat Kluet Timur yang sudah turun langsung ke lokasi terjadinya abrasi di ini berharap kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Aceh dan dinas terkait lainnya untuk segera turun ke Kluet Timur meninjau kondisi abrasi tersebut.

"Sebab, kondisi ini tidak bisa dibiarkan berlarut - larut, karena sudah sangat mengancam rumah - rumah penduduk," ungkapnya.

Muriadi juga mengungkapkan, untuk penanganan sementara tidak bisa karena abrasi yang terjadi di daerah aliran sungai tersebut sudah meluas dan mengganas.

"Solusinya ya dengan pembanguan tebing pengaman dari batu gajah. Hal ini tentu tidak bisa ditangani dengan APBK, perlu dukungan penuh dari Pemerintah Aceh dan Pusat," pungkasnya.(*)

Abusyik Raih Gelar Sarjana di Usia Senja, Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sang Istri

Awak Kabin Sebut Kebijakan Ari Askhara Aneh, Berikut Beberapa Kebijakan Janggal Eks Dirut Garuda

Ini Jawaban Santai Indra Sjafri soal Ketajaman Timnas U-22 Indonesia Jelang Lawan Myanmar

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved