Wisata

Wahana Wisata Arung Jeram di Syiah Utama Segera Dibuka

Di Bener Meriah ada tiga sungai yang layak dijadikan destinasi wisata arung jeram, yakni sungai Peusangan, Jambo Aye, dan Bidin.

Wahana Wisata Arung Jeram di Syiah Utama Segera Dibuka
Dok Karang Taruna Syiah Utama
Pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah kembali melakukan penyusuran sungai Bidin, salah satu hulu sungai Jambo Aye di kawasan tersebut, Sabtu (7/12/2019). 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Setelah menggebrak gerakan bersih-bersih kampung, larangan menangkap hewan dilindungi, Samarkilang Explore dan Fun Rafting di sungai Jambo Aye, kali ini para pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah kembali bikin sensasi dengan melakukan penyusuran sungai Bidin, salah satu hulu sungai Jambo Aye di kawasan tersebut, Sabtu 7 Desember 2019.

Beranggotakan 12 orang yang dipimpin Pembina Karang Taruna setempat, Khalisuddin kembali menjajal derasnya jeram sungai tersebut dengan menggunakan 2 unit perahu karet.

"Sungai ini memang sudah beberapa kali diarungi oleh para pegiat arung jeram, namun belum muncul operator yang melayani wisatawan secara berkelanjutan," ungkap Ketua Bidang Olahraga dan Wisata KT Syiah Utama, Maksum kepada Serambinews.com, Minggu (8/12/2019).

Wisata arung jeram di sungai Jambo Aye dinilai sangat berpotensi, dan Maksum mengatakan pihaknya berniat membuka wahana ini sesegera mungkin.

"Awal dari semuanya tentu didasari potensi SDA, lalu SDM. Hari ini kami memulainya dengan survey dan pembersihan jalur sungai dari benda-benda yang bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan wisatawan," ungkapnya.

Soal SDM, beberapa hari lalu pihaknya mendapat kesempatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pemandu wisata arung jeram yang difasilitasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerja sama dengan pihak terkait, termasuk Koperasi Wisata Alam Gayo pengelola operator arung jeram di Lukup Badak Takengon, Aceh Tengah.

"Dari Kecamatan Syiah Utama ada 16 orang yang mengikuti pelatihan tersebut, momen hari ini juga dalam mematangkan materi Bimtek tersebut," ujar Maksum.

Sementara itu, Camat Syiah Utama, Khalisuddin mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kreatifitas para pemuda tersebut. 

"Kegiatan ini sudah terbukti menghasilkan income dan akan menjadi salah satu ikon wisata Syiah Utama," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Budi Fatria
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved